Back

Media Terpercaya

Ketua Umum Peradi Juniver Girsang Minta Advokat Melek Teknologi

Jakarta, sketsindonews – Musyawarah nasional Persatuan Advokat Indonesia (Peradi) yang ketiga akan digelar dalam waktu dekat ini di Hotel Mercure Ancol Jakarta Utara. Sejumlah pesiapan menjelang munas tersebut telah selesai. Salah satunya adalah pendaftaran dengan menggunakan sistem barcode.

Tujuannya sudah barang tentu untuk mendata jumlah peseta yang akan memilih calon ketua umum Peradi mendatang.

Selain itu hal terbaru dalam proses pemlihan ketum advokat akan dipergunakannya
mekanisme one person one vote. “Ini adalah Munas pertama advokat menggunakan sistem One person One vote,” ungkap Juniver Girsang Ketua Umum Peradi Suara Advokat Indonesia, kepada sketsindonews.com, Kamis (13/02/20) malam.

Menurutnya di era revolusi industri 4.0 dan internet of things, advokat dan organisasinya dituntut untuk terus berubah. Sebab seluruh pengadilan hingga Mahkamah Agung telah menerapkan sistem elektronik court.

“Mahkamah Agung memberi batas akhir tahun 2020 untuk penerapan elektronik di setiap pengadilan. Kami berharap tidak ada lagi advokat yang gagap teknologi,” katannya

Dalam acara pemilihan Ketum Peradi kali ini menggunakan teknologi elektronik. Juniver menyebutkan persiapan menuju ke sana sedang dilaksanakan. Bahkan seluruh anggota Peradi dapat menggunakan teknologi elektronik voting sehingga tidak lagi menggunakan sistem manual.

Menurut Juniver, dengan diterapkannya mekanisme ini, tidak terdapat kemungkinan terjadinya manipulasi baik dalam proses pemilihan maupun oenghitungan hasil.

Ia melanjutkan, sebenarnya hal ini sudah bisa diterapkan sejak lama dalam pemilihan Ketua Umum PERADI, hanya persoalan kemauan saja yang masih rendah sehingga tidak terealisasi. “Harapannya dengan munas ini ke depan akan lebih baik lagi. Sistem yang diterapkan,” ujar Juniver.

(Sofyan Hadi)

About the Author /

Pimpinan Perusahaan SketsIndo Juni 2016.