Kinerja Positif Polri Diakui Dunia Internasional

oleh
oleh
LEAD Technologies Inc. V1.01

Riset tersebut menggunakan 12 indikator yang dikelompokkan ke dalam 4 domain berbeda. Pertama, kapasitas – mengevaluasi sumber daya yang dialokasikan masing-masing negara untuk memperkuat aparat keamanan dalam negerinya. Ke-dua, proses – menyelidiki efektivitas penggunaan sumber daya. Ke-tiga, legitimasi – mengukur sentimen publik terhadap aparat keamanan. Ke-empat, hasil – meneliti ancaman yang ada terhadap keamanan dalam negeri pada tahun tertentu.

Untuk keempat domain itu, Polri mendapatkan skor masing-masing 0,380 (kapasitas); 0,130 (proses); 0,580 (legitimasi); dan 0,920 (hasil). Semakin tinggi skornya, maka akan semakin baik.

Khusus untuk domain hasil dengan skor 0,920 menjadi yang tertinggi ke-tiga di antara 125 negara setelah Norwegia (0,940) dan Singapura (0,960). Bahkan, lebih tinggi dari Denmark (0,890) dan Finlandia (0,880) yang menempati peringkat 1 dan 2.

“Artinya, gangguan keamanan yang ada saat ini termasuk berisiko rendah dan bukan ancaman serius bagi keamanan dan ketertiban dalam negeri Indonesia,” jelas R Haidar Alwi.

Namun, dengan capaian itu, Polri tidak boleh berpuas diri.

Response (1)

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.