Back

Media Terpercaya

KKN Mahasiswa UPI Purwakarta Membantu Guru Pembelajaran Jarak Jauh

Jakarta, sketsindonews – Dimasa pandemi Covid-19 dunia pendidikan diwajibkan sekolah dari rumah melalui video virtual, salah satu contoh seperti di sekolah SDIT AL – Husnayain terletak Kelurahan Kota Baru Kecamatan Bekasi Barat Kota Bekasi, kini menggunakan aplikasi pendukung untuk pembelajaran secara online daring (Dalam Jaringan).

Menurut Maryanah seorang Guru SDIT Al Husnayain menjelaskan aplikasi yang di gunakan untuk mengajar yaitu MS Team Microsoft office 365.

“Pihak Yayasan Sekolah menginginkan sekolah kami menjadi sekolah berbasis digital, selain sudah bermitra dengan pihak Microsoft, memenuhi tuntutan orang tua agar pembelajaran daring lebih menarik dan variatif,” ucapnya, Kamis (26/11/20).

“Waktu Mengajar di mulai Pada pukul 7.30-10.00, dalam proses pembelajaran ada yang dampingi Orang tua siswa adapun siswa yang melakukan secara mandiri. Saya mengajar kelas IV SD kelas tinggi jadi ada yang sudah bisa mengakses secara mandiri,” jelasnya.

Namun, Maryanah memaparkan bahwa permasalahan daring ini sering terjadi seperti orang – orang pada umumnya dalam melaksanakan interaksi.

Problem belajar daring bisa saja terjadi, seperti terkadang akibat Koneksi internet yang bermasalah, hal tersebut dapat mengakibatkan proses mengajar menjadi memakan waktu yang sangat lama sehingga pengajar dan yang di ajar menjadi jenuh.

Kejenuhan belajar anak juga berpengaruh terhadap kedisiplinan dalam pengumpulan tugas sekolah, bahkan sehari yang mengumpulkan tugas hanya 7 orang siswa dari 21 jumlah anak di kelas. Mungkin karena pendekatan dari hati ke hatinya berkurang karena masa pandemi ini jadi anak belum melakukan sepenuhnya dengan hati yang semangat dan penuh tanggung jawab.

Keluh guru yang dirasakan selama belajar daring berlangsung berbagai keluh kesah para pengajar maupun pelajar, banyak dirasakan kejenuhan dalam pembelajaran daring sedang menjadi permasalahan yang cukup serius bahkan kondisi situasi seperti ini.

“Namun adanya bantuan dalam pembelajaran daring oleh mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Pendidikan Indonesia yang di lakukan secara daring sangat dibutuhkan untuk memperingan dan membantu guru yang kesulitan dalam permasalahan belajar daring,” pungkas Maryanah.

Penguatan dalam pembelajaran daring hanya salah satu dari sekian banyak program yang dilaksanakan selama KKN Mahasiswa UPI.

“KKN merupakan satu pengabdian untuk terjun para Mahasiswa di lingkup kemasyarakatan, dimana masyarakat sekarang dalam kondisi pandemi ini benar sangat terbantu terlebih para guru – guru yang udah lanjut usia untuk mengajak belajar secara daring”.

“Kalo anak muda Mahasiswa pasti banyak ide dan gagasan dalam memacu pembelajaran virtual,” tandas Maryanah.

Lanjut Maryanah, tugas KKN merupakan pendampingan untuk orang tua dan siswa oleh mahasiswa UPI, dan dia sangat merasa terbantu dan berharap anak-anak lebih disiplin dan orang tua lebih memberi perhatian yang lebih untuk anak anaknya.

Orang tua siswa juga mungkin merasa jenuh selain pekerjaan dirumahnya begitu banyak sehingga belajar daring siswa justru tidak bisa di dampingi Dalam proses belajar.

Lanjut Maryanah, khususnya murid Al-Husnayain secara khusus orang tua siswa juga perlu arahan bahwa tidak baik menyepelekan sekolah daring karena pada dasarnya sama untuk menerima ilmu baru, meningkatkan daya nalar anak dan menjadikan diri anak lebih berkualitas.

Arahan tersebut dijadikan penguatan dalam pembelajaran daring agar orang tua lebih memberi perhatian dan tidak lengah terhadap pendidikan anaknya. Penguatan pembelajaran daring ini juga dapat meringankan guru untuk menjelaskan tugas dan orang tua jika ada hal yang belum dimengerti perihal tugas sekolah anak.

Harapan guru adanya mahasiswa KKN dari Universitas Pendidikan Indonesia dapat membantu mengurangi atau memberi solusi atas permasalahan selama masa belajar daring disaat pandemi covid – 19.

Selain dapat mengembalikan semangat belajar anak dan membantu peran guru serta orang tua siswa agar fokus.

(Nanorame)

About the Author /

Pimpinan Perusahaan SketsIndo Juni 2016.