Home / Hukum dan Kriminal / Korupsi Asabri, Kejagung Periksa Satu Orang Internal Untuk Dalami Manajer Investasi

Korupsi Asabri, Kejagung Periksa Satu Orang Internal Untuk Dalami Manajer Investasi

Jakarta, sketsindonews – Tim Jaksa Penyidik pada Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung periksa satu orang saksi terkait perkara dugaan korupsi pada PT. Asabri pada beberapa Perusahaan periode tahun 2012 hingga 2019.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, Leonard Eben Ezer Simanjuntak mengatakan saksi yang diperiksa yaitu SA selaku Komisaris PT. Asabri.

“Diperiksa terkait pendalaman tersangka 10 manajer investasi (MI)” kata Leonard dalam keterangan tertulis, Senin (27/12/21).

Leonard menambahkan, pemeriksaan saksi dilakukan untuk memberikan keterangan guna menemukan fakta hukum tentang tindak pidana korupsi yang terjadi di PT. Asabri.

Sebelumnya, sejumlah terdakwa dalam kasus ini telah mendapat tuntutan jaksa, seperti terdakwa Heru Hidayat, bos PT Trada Alam Minera Tbk. (TRAM) dituntut jaksa dengan hukuman mati, dan diminta mengganti kerugian negara Rp12,6 triliun.

Lalu, dua terdakwa mantan Dirut ASBRI, yaitu Letjen (Purn) Sonny Widjaja dan Mayjen (Purn) Adam Rachmat Damiri, masing-masing dituntut 10 tahun penjara.

Selain itu, terdakwa Lukman Purnomosidi dan Jimmy Sutopo dituntut pidana penjara 13 dan 14 tahun. Terdakwa Bachtiar Effendi dan Hary Setianto dituntut 12 dan 14 tahun penjara.

Sedangkan untuk terdakwa Benny Tjokrosaputro, jaksa belum membacakan penuntutan.

Diketahui, Jampidsus kembali menetapkan tersangka baru. Yakni, Teddy Tjokrosaputro, Betty, Edward Seky Soeryadjaja, juga Rennier Abdul Rachmat Latief.

Selain tersangka perorangan, dalam kasus korupsi dan TPPU Asabri, penyidikan di Jampidsus, juga menetapkan 10 tersangka korporasi dari Manajemen Investasi (MI) pengelola saham, maupun reksa dana milik Asabri. (Fanss)

Check Also

Tertipu Investasi, Gasni Berharap Laporannya Segera Ditangani

Jakarta, sketsindonews – Sehy Moh Gasni berharap dugaan penipuan yang dilaporkan ke Polsek Cilincing pada …

Watch Dragon ball super