Home / Berita / Ksatria, Militan, Dan Profesional Adalah Jiwa Airmanship Dalam Menjaga Kedaulatan Dan Keutuhan Negara Indonesia

Ksatria, Militan, Dan Profesional Adalah Jiwa Airmanship Dalam Menjaga Kedaulatan Dan Keutuhan Negara Indonesia

Yogyakarta, sketsindonews – Segenap personel TNI Angkatan Udara di wilayah Yogyakarta melaksanakan dan merayakan Upacara Peringatan ke-71 Hari TNI AU bertempat di Lapangan Dirgantara Akademi Angkatan Udara, Minggu (9/4).

Upacara peringatan HUT TNI dipimpin oleh Direktur Pendidikan AAU Kolonel Pnb Yulianta, M.Tr (Han) dan dihadiri oleh Pejabat dan personel dari AAU, Lanud Adisutjipto, RSPAU, dan Denhanud 474 Paskhas, serta Taruna Akademi Angkatan Udara.

Pada peringatan ke-71 HUT TNI kali ini mengambil tema “Dilandasi Jiwa Ksatria, Militan, Loyal dan Professional, TNI Angkatan Udara Bersama Rakyat Siap Menjaga Kedaulatan dan Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam sambutannya Kasau yang dibacakan oleh Direktur Pendidikan AAU menyampaikan bahwa membangun suatu negara, membangun ekonomi, membangun teknik, membangun pertahanan adalah pertama tama, dan tahap utamanya adalah membangun jiwa.

“Mencermati hal tersebut, jiwa prajurit penjaga dirgantara bukan hanya pintar tapi harus dilandasi dengan jiwa ksatria, militan, loyal dan professional, yang dirangkum sebagai jiwa Airmanship,” ujarnya.

Untuk itu, lanjutnya, ditekankan kepada seluruh airmanship, agar selalu bertindak dan bersikap sesuai kode etik Prajurit TNI, yaitu Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI dan Sebelas Azas Kepemimpinan.

“Disamping itu, salah satu konsekuensi logis dari airmanship adalah, faktor keselamatan terbang dan kerja yang menjadi tolak ukur keberhasilan dalam setiap embanan tugas,” tegasnya.

Kasau juga menambahkan bahwa saat ini, wilayah udara bukan lagi lahan kosong yang tidak bermakna, melainkan menjadi bagian wilayah yang sangat menentukan bagi kedaulatan suatu negara, kepentingan nasional dan kelangsungan hidup suatu bangsa.

Bercermin dari hal tersebut, TNI Angkatan Udara perlu ikut berperan aktif dalam pembangunan nasional dengan mencanangkan tol udara, sehingga penetapan satu harga diseluruh Indonesia bisa terwujud. Itulah makna TNI Angkatan Udara bersama rakyat yang kehadirannya bisa dirasakan secara langsung, baik dalam aspek pertahanan maupun pembangunan untuk kesejahteraan bangsa

Kegiatan peringatan ke-71 Hari Angkatan Udara di Yogyakarta dilaksanakan dengan melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan diantaranya Bakti Sosial dalam bentuk Donor Darah di RSPAU Hardjolukito, Upacara Ziarah Di Ngoto, dan acara puncak peringatan dengan Upacara di Akademi Angkatan Udara. (Kumara)

Check Also

Proyek Asian Games di Bawah Kominfo Terindikasi Bermasalah, CBA Minta KPK Panggil Menkominfo

Jakarta, sketsindonews – Koordinator Investigasi Center for Budget Analysis (CBA), Jajang Nurjaman menyebutkan bahwa sedikitnya …

Watch Dragon ball super