Home / Berita / ‘LAGI’, Lanud Adisutjipto Gelar Penyuluhan Bahaya Narkoba

‘LAGI’, Lanud Adisutjipto Gelar Penyuluhan Bahaya Narkoba

Yogyakarta, sketsindonews – Sebanyak 200 Anggota Lanud Adisutjipto mengikuti Penyuluhan Hukum dan Kesehatan tentang Penyalahgunaan Bahaya Narkoba, Kamis (15/3), bertempat di Wisma Adi Lanud Adisutjipto.

Penyuluhan kesehatan tersebut disampaikan Tim dari RSPAU dr. Hardjolukito Letkol Kes dr. Wahyudi, Sp.KJ. dan Staf Hukum Lanud Adisutjipto oleh Sertu Misran.

Kepala Dinas Personel Lanud Adisutjipto Kolonel Pnb Andi Wijanarko mewakili Danlanud Adisutjipto Marsma TNI Ir. Novyan Samyoga, M.M. saat membacakan sambutan mengatakan narkoba merupakan masalah sosial yang sangat dekat dengan lingkungan kita.

“Kalau kita mengamati perkembangan berita di media massa, penyalahgunaan narkoba seolah kian marak,” katanya.

Bahkan, efek dari pemakaian narkoba ini tidak saja menimbulkan kekhawatiran, namun juga dapat membawa kerugian bagi masyarakat, maka bukan tidak mungkin generasi yang akan datang akan terancam masa depannya.

Danlanud berharap kepada segenap peserta penyuluhan agar kesempatan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin sehingga kita dapat melakukan proteksi diri seawal mungkin agar tidak tercemar maupun tersentuh narkoba.

Danlanud juga mengajak seluruh anggota agar menjadi mentor atau sumber informasi bagi masyarakat sekitar.

Sementara Letkol Kes dr. Wahyudi, Sp.KJ dalam ceramahnya meyampaikan berbahai jenis-jenis narkoba yang sering dipakai oleh para pecandu narkoba diantaranya ganja, putau, shabu-shabu, morphine dan zat amphetamine.

Bahkan sekarang ada jenis narkoba baru yang marak dan beredar dilingkungan siswa sekolah berupa permen narkoba dan tembakau gorilla dan LSD sintetik berupa lembar kertas.

“Bahaya narkoba tidak hanya merugikan masalah fisik saja tetapi akan mengalami gangguan mental dan kejiwaan. Apabila disalahgunakan, bahaya narkoba dapat mempengaruhi susunan syaraf, mengakibatkan ketagihan, dan ketergantungan, karena mempengaruhi susunan syaraf. Dari ketergantungan inilah bahaya narkoba akan mempengaruhi fisik, psikologis, maupun lingkungan sosial,” paparnya.

Sementara itu Sertu Misran saat memberikan penyuluhan dari segi hukum menekankan bagi seluruh anggota TNI untuk tidak mendekati narkoba.

Ditegaskannya, apabila anggota tertangkap dan terindikasi sebagai pengguna narkoba sanksi yang diterma cukup berat yaitu sampai dengan pemecatan dengan tidak hormat dan menerima hukuman penjara.

Penyuluhan penyalahgunaan bahaya narkoba diikuti oleh para Kasi dan pejabat di jajaran lanud Adisutjipto serta segenap anggota baik militer maupun Pegawai Negeri Sipil.

(Amin)

Check Also

Menhub Kampanyekan Pekan Nasional Keselamatan Di Pekanbaru

Jakarta, sketsindonews – Dalam rangka Pekan Nasional Keselamatan Jalan Tahun 2018, usai tiba di Pekanbaru …

Watch Dragon ball super