Lebih Pro Investasi, KSPI Kecam Wapres

oleh
oleh

Jakarta, sketsindonews – KSPI dan buruh Indonesia tidak sependapat dengan pernyataan Wapres Jusuf Kalla yang disampaikan dalam pembukaan “16th asia and pacific regional meeting” di Bali 6-9 Desember 2016. Wapres menyatakan bahwa penetapan pemerintah Indonesia dalam kenaikan upah minimum hanya mempertimbangkan nilai inflasi dan pertumbuhan ekonomi adalah keputusan yg terbaik sehingga memberikan kepastian dalam iklim investasi dan bisa dijadikan contoh oleh negara-negara Asia Pacific lainnya.

Jelas buruh pernyataan Wapres yang tertuang dalam PP 78/2015 ini menolak keras. Justru dengan PP 78/2015 ini memberikan ketidak pastian bagi kesejahteraan dan peningkatan daya beli buruh akibat kebijakan upah murah tersebut.

Hal ini terlihat dari data BPS yang menyatakan menurunnya angka konsumsi yang disumbangkan terhadap pertumbuhan ekonomi dan fakta data ILO dalam bukunya “trend ketenagakerjaan di Indonesia 2014-2015 hal 28 ” yang menyebutkan bahwa upah rata-rata di Indonesia $174/bulan. Jauh di bawah Vietnam ($181) dan Thailand ($357).

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.