Home / Berita / Lima Keutamaan di Sepuluh Hari Pertama Ramadhan

Lima Keutamaan di Sepuluh Hari Pertama Ramadhan

Oleh : Letkol Sus Giyanto

Bulan Ramadan merupakan bulan yang dinanti-nantikan kehadirannya oleh setiap umat muslim. Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh rahmat dan keistimewaan.

Pada bulan Ramadan, semua amal ibadah dilipatgandakan, pintu surga terbuka lebar dan pintu neraka ditutup serta setan dibelenggu. Tentunya setiap umat muslim tidak ingin melewatkan kesempatan dalam meningkatkan kualitas ibadah agar lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Bulan Ramadan dibagi menjadi 3 fase antara lain 10 hari pertama, 10 hari kedua dan 10 hari terakhir. Pada fase 10 hari pertama menjadi fase terberat bagi umat muslim dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadhan, sebab pada fase 10 hari pertama merupakan masa peralihan dan beradaptasi dari pola makan biasa hingga puasa.

Namun, jangan sampai melalaikan ibadah pada 10 hari pertama di bulan Ramadan. Seluruh rahmat dan pahala dari Allah SWT akan terbuka lebar bagi siapa saja yang menjalankan amalan-amalannya.
Tentunya pada 10 hari pertama di bulan Ramadan memiliki keutamaan-keutamaan. Setidaknya ada lima keutamaan di sepuluh pertama di bulan Ramadlan yaitu :

  1. Terbukanya Pintu Rahmat

Pada 10 hari pertama di bulan Ramadan, Allah SWT membuka seluruh pintu rahmat-Nya bagi hamba yang berpuasa dan melakukan ibadah-ibadah. Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda: “Awal bulan Ramadan adalah Rahmat, pertengahannya Maghfirah, dan akhirnya ‘Itqun Minan Nar (pembebasan dari api neraka).”

2. Memberi Keberuntungan

Bagi umat muslim yang menjalankan ibadah puasa dan ibadah-ibadah lainnya akan selalu dalam lindungan Allah SWT dan selalu berad dalam pentunjuk-Nya. Setiap perintah dalam al-Quran pasti mengandung kebaikan, kemaslahatan, keberuntungan, manfaat, keindahan, keberkahan. Sedangkan setiap larangan dalam al-Quran pasti mengandung kerugian, kebinasaan, kehancuran, keburukan (disarikan dari Tafsir Ibnu Katsir (1/200)).

3. Menjaga Diri dari Perbuatan Buruk

Dalam menjalankan puasa Ramadhan, umat muslim akan secara tidak sadar akan menjauhi dari perbuatan buruk sehingga ibadahnya menjadi berkah dan mendapatkan banyak pahala dari Allah SWT.

4. Dapat Melatih Diri melakukan Ibadah Sunnah

Siapapun umat muslim yang melakukan ibadah puasa akan berlomba-lomba dalam kebaikan. Secara tidak langsung umat muslim akan mengerjakan amalan-amalan sunnah seperti shalat tahajud, shalat dhuha, shalat tarawih, membaca Al-Quran serta amalan-amalan lainnya.

5. Membiasakan Diri untuk Shalat Berjamaah

Setiap malam di bulan Ramadhan, umat muslim melaksanakan ibadah shalat tarawih secara berjamaah. Dengan melaksanakan shalat isya dan tarawih berjamaah, umat muslim akan terbiasa melakukan shalat secara berjamaah setiap harinya.

Demikian adalah lima keutamaan 10 hari pertama di bulan Ramadhan. Semoga setiap umat muslim yang melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan diberikan kelancaran serta keberkahan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Semoga kita semua bisa hidup mulia bersama Ramadlan dengan amal yang berguna sehingga dimudahkan dapat berkumpul bersama keluarga di Jannah. Saatnya seorang hamba duduk bersimpuh mohon ampun kepada-Nya atas dosa-dosa yang telah dilakukan

Check Also

21 orang Crew, Kadet Kapal Negara Adhara Distrik Navigasi Kelas 1 Tanjungpinang Dilaporkan Positif Covid-19

Tanjungpinang, sketsindonews – 21 orang Crew, Anak magang/Kadet di Kapal Negara (KN) Adhara Distrik Navigasi …

Watch Dragon ball super