Home / Berita / Lomba Burung Berkicau, Rebutkan Piala Dan Lanud Adisutjipto

Lomba Burung Berkicau, Rebutkan Piala Dan Lanud Adisutjipto

Yogyakarta, sketsindonews – Setelah beberapa event dilaksanakan seperti, Gebyar Dirgantara, Lomba Off road, Fun Bike, kembali event Lomba Burung berkicau Danlanud Cup I tingkat Nasional digelar secara terbuka di Jogja Adventure Zone, Skadik 104, Lanud Adisutjipto, Minggu (7/8).

Lomba yang diikuti oleh para pecinta burung berkicau atau burung mania dari berbagai Kota di DIY, Jawa tengah dan daerah sekitarnya ini dibuka langsung oleh Komandan Lanud Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Imran Baidirus, SE.

Komandan Lanud Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Imran Baidirus, SE. saat melepas burung menandai dibukanya acar lomba burung berkicau Danlanud Cup I tingkat Nasional yang digelar secara terbuka di  Jogja Adventure Zone, Skadik 104, Lanud Adisutjipto, Minggu (7/8).
Komandan Lanud Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Imran Baidirus, SE. saat melepas burung menandai dibukanya acar lomba burung berkicau Danlanud Cup I tingkat Nasional yang digelar secara terbuka di Jogja Adventure Zone, Skadik 104, Lanud Adisutjipto, Minggu (7/8).

Komandan Lanud dalam sambutannya menyampaikan bahwa lomba burung berkicau ini merupakan salah satu wujud kongkret partisipasi masyarakat dalam rangka memberikan makna pada beberapa aspek pelestarian lingkungan. Dengan kegemaran memelihara burung berkicau, secara langsung maupun tidak langsung telah ikut mendorong usaha-usahauntuk memelihara keanekaragaman hayati. Dengan Lomba semacam ini, beberapa jenis burung langka jenis burung berkicau bisa dipertahankan keberlangsunganya melalui upaya penangkaran dan pemeliharaan yang dilakukan oleh para pecinta burung.

Lebih lanjut Marsekal Pertama TNI Imran Baidirus, SE. Berharap momen yang jarang dilksanakan ini berupa lomba burung berkicau, agar tetap dilestarikan, artinya berlanjut tidak hanya sampai disini. Selain itu kegiatan ini merupakan upaya untuk mendekatkan komunitas pencinta burung yang ada di Indonesia dengan TNI AU.

Danlanud juga berharap semoga semua peserta lomba mampu berkompetisi semaksimal mungkin dengan semangat sportifitas dan kekeluargaan, “Karena hanya dengan mencurahkan kemampuan yang disertai kejujuran, kerja keras dan kekeluargaan semua yang diharapkan akan dapat dicapai,” imbuhnya.

Acara yang dibuka mulai dari pukul 11.00 sampai menjelang malam tersebut memperlombakan 26 jenis burung berkicau diantaranya meliputi kelas mega bintang (Cucak ijo, Love Bird, Kacer, kenari), kelas perang bintang (Cucak ijo, Love Bird, kacer, murai batu), kelas bintang (cucak ijo, kacer, pentet, kenari), kelas sejati (cucak jenggo, ciblek, pentet) dll.

Dalam lomba burung berkicau ini, peserta lomba terbuka untuk seluruh penggemarb burung yang ada di Indonesia, jadi tidak hanya berasal dari area Yogyakarta saja tetapi juga berasal dari propinsi dan kota-kota lainnya seperti Surabaya, Semarang, Boyolali, Temanggung, Kendal dan kendari.

Ketua panitia lomba, Bapak Panji Panuntun dari BKR Jogja mengatakan bahwa ajang lomba burung berkicau ini merupakan wadah bagi para burung mania untuk saling berlomba dan bersaing dengan sehat sekaligus sebagai ajang mempererat hubungan persaudaraan diantara sesama penggemar burung berkicau.

“Saya berharap semoga lomba ini akan terus diadakan setiap tahun untuk mencari bibit unggul baru untuk ajang perlombaan pada tingkat yang lebih besar,” ujarnya.

Selain komandan Lanud Adisutjipto, Hadir juga Komandan Wingdikterbang Kolonel Pnb Bonang Bayu Aji, Kadisops Kolonel Pnb Indan Gilang, dan anggota Lanud Adisutjipto penggemar Burung berkicau. (Kumara)

Check Also

Buntut Pembobolan Bank 50 Miliar, Bank Mandiri Kemungkinan Akan Digugat

Jakarta, sketsindonews – Pengadilan Negeri Jakarta Barat (PN Jakbar) kembali mengggelar sidang Praperadilan yang diajukan …

Watch Dragon ball super