Home / Artikel / LPJ : Ada Indikasi Perekrutan Anggota KPU TidakTransparansi

LPJ : Ada Indikasi Perekrutan Anggota KPU TidakTransparansi

Jakarta, sketsindonews – Hingar bingar pesta rakyat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak ditahun politik sudah mulai terlihat. Meski begitu, Ketua Lembaga Pemantau Jakarta (LPJ) A. Setiawan meminta kepada Tim Seleksi (Timsel) Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota/kabupaten dan Provinsi agar lebih transparan dalam proses perekrutan calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), PPS dan KPU kota/kabupaten

Pasalnya, seleksi yang dilakukan harus benar-benar menghasilkan SDM yang terbaik, berkualitas dan profesisional sehingga pelaksanaan pemilihan legislatif (Pileg) dan pemilihan presiden (Pilpres) pada 2019 menjadi lebih baik menghaailkan produk pemilu yang demokratis.

“Jangan sampai pada saat Pileg dan pilpres nanti malah anggota penyelenggara Pemilu itu sendiri yang menciderainya,” karena ada indikasi kearah itu tidak transparansi, ujar dia kepada sketsindonews.com melalui rilisnya selasa (13/02)

Oleh karena itu, lanjut A.Setiawan, meminta timsel KPU harus lebih teliti, lebih profesional dan lebih transparan dalam melakukan seleksi sesuai peraturan UU Pemilu yang telah ditetapkan dalam seleksi anggota penyelenggra pemilu.

Sehingga kelak dinyatakan lolos seleksi dan terpilih memang mereka yang sesuai kriteria UU No 7 Tahun 2017 tentang Penyelenggara Pemilu, baik secara kemampuan maupun pengetahuan mereka dalam kepemiluan.

“Intinya KPU DKI, KPU Kabupaten/Kota, harus benar-benar bisa merekrut calon Anggota KPU, PPK, PPS yang punya nilai plus alias berbobot, bersih dan punya kualitas maupun skil yang lebih baik. Jangan asal pilih dan jangan sampai ada kepentingan” tegasnya.

Ia mengingatkan, bahwa kesuksesan dalam penyelenggaraan Pileg/Pilpres 2019 di Jakarta merupakan barometer bagi daerah lain.

“Kesuksesan penyelenggara pemilihan merupakan barometer untuk bagi tiap-tiap daerah,”paparnya.

reporter : nanorame

Check Also

Luka Terus Menyala Discripsi Ramadhan

Sahur Hari Ketujuh Jakarta, sketsindonews – Sahur di hari 7 di bulan Ramadhan 1439 H …

Watch Dragon ball super