Back

Media Terpercaya

Lurah Karet Tengsin: Perubahan Penataan Mulai Kantor Hingga Penataan Banjir Lingkungan

Jakarta, sketsindonews – Merubah wilayah kantor Kelurahan menjadi kebanggan publik, bagi publik memandang sebuah kesan pertama bahwa pimpinan wilayah (Lurah) memiliki rasa untuk merubah images kantor untuk dicintai warganya.

Itulah tergambar saat sketsindonews.com menyambangi perubahan Kantor Kelurahan Karet Tengsin saat ditata dari rimbunan pohon belukar oleh Lurah Hari Ananda, Jumat (06/03/20).

“Perubahan besar harus kita rubah dari lingkungan paling dekat,” ujar Hari Ananda saat bersama Sekretaris Kelurahan Ani Purnama melakukan gerakan bersih – bersih bersama PPSU dan Staff Kelurahan.

“Perubahan besar lainnya terkait dengan evaluasi pasca banjir cuaca ekstrem beberapa waktu lalu bahwa kawasan ini terutama pinggiran Kali Krukut yang meliputi RW 02,03,04, 05 dan RW 07 untuk kita jadikan target perubahan untuk kita kurangi intensitas banjir menggenang warga hingga mencapai beberapa hari, untuk nantinya dapat singkat genangan selesai secara perlahan,” paparnya.

Menurutnya penanganan kawasan harus dimulai dengan tahapan bersama warga menyadari untuk saling berkolabirasi menangani hal tersrbut.

Pertama, kami memulai mempelajari wilayah prioritas problematika hingga saat ini agar warga menempati bantaran Kali Krukut untuk kita edukasi agar tidak lagi membuang sampah kekali.

Model cekung (gorengan) wilayah tersebut sangat rentan banjir sehingga harus kita rubah penataan secara phisik kawasan kedepannya yakni; dimana bangunan liar non permanen untuk kita bongkar sebagai bagian penataan atas kesadaran warga.

Kedua, berlanjut pada perbaikan turap dan pengerukan Kali Krukut untuk segera kita lakukan oleh pemerintah melalui sumber informasi warga agar wilayah lebih aman dari banjir.

Ketiga, perubahan perbaikan drainase serta saluran juga harus kita lakukan mengingat kisi – kisi untuk mengalirkan air menuju Kali Krukut agar lebih lancar.

“Untuk menyempurnakan kawasan lingkungan warga berbentuk gorengan agar tidak banjir kembali maka kami juga menyararankan agar pemerintah membangun rumah pompa sebagai satu cara penataan sehingga antisipasi hujan lebatpun menjadi solusi saling terintegrasi menyelesaikan perubahan wilayah agar lebih baik dibandingkan sebelumnya,” tutup Hari.

(Nanorame)

About the Author /

Pimpinan Perusahaan SketsIndo Juni 2016.