Back

Media Terpercaya

Mantan Menteri Agama Drs. Lukman Hakim Saifudin, Beri Materi Pembekalan Perwira Bintal TNI AU

Yogyakarta, sketsindonews – Dinas Pembinaan Mental dan Ideologi Angkatan Udara (Disbintalidau) menyelenggarakan pembekalan perwira bintal rohani, Ideologi, dan Tradisi Kejuangan, Senin, (8/1/21) secara virtual.

Pembekalan yang rencananya dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 8-9 Februari 2021 tersebut, dibuka langsung Asisten Personalia Kasau Marsekal Muda TNI A. Gustaf Brugman, M, SI., (Han).

Turut Hadir dalam acara ini Sesdisbintalidau Kolonel Sus Drs. Jaetul Muchlis, M, Ag., Kasubdis bintal rohani Kolonel Sus Muttaqin, S, Ag., Kasubdis Bintal ideologi Kolonel Sus Rijal Kani, S, Ag., dan Kasubdis Bintrajuang Kolonel Sus Daniel Albert Tobing, S, Th, M. A. P.

Aspers Kasau dalam sambutan pengantarnya menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan pembekalan Bintal ini, serta berharap supaya seluruh rencana kegiatan dapat dilaksanakan dengan sebaik mungkin, meski kondisi pandemi covid-19 masih terjadi secara masif, namun bukanlah suatu penghalang bagi kita untuk melaksanakan kegiatan, karena itu pelaksanaan pembekalan bintal ini dilaksanakan dalam bentuk virtual/daring.

Lebih lanjut Aspers Kasau mengatakan salah satu pilar penting bagi TNI Angkatan Udara, selain kekuatan dari alutsista adalah sumber daya manusia yang berkualitas untuk mengawaki. Selain itu TNI Angkatan Udara membutuhkan prajurit yang tidak hanya memiliki kompetensi, tetapi juga memiliki rasa tanggung jawab dan kehormatan yang tinggi. Di masa mendatang tugas TNI Angkatan Udara akan semakin kompleks dan tidak ringan. Oleh karenanya dibutuhkan prajurit yang profesional, nasionalis, religius, serta militan guna menjaga kedaulatan Bangsa dan Negara, Imbuh Aspers Kasau.

Menurutnya forum seperti ini memiliki nilai yang sangat strategis dalam rangka mencari jawaban serta solusi yang tepat atas pertanyaan tentang bagaimana menanamkan kesadaran dan membentengi diri setiap parjurit tni angkatan udara dan keluarganya dalam upaya untuk menyaring serta menangkal berbagai paham dan ideologi, yang masuk dan berpotensi untuk mempengaruhi kehidupan prajurit, papar Marsda TNI Gustaf Brugman.

Sementara Kepala Dinas Pembinaan Mental dan Ideologi Angkatan Udara Marsma TNI Dr. Drs. Bastari, M.Pd., M. Sc., M, SI., (Han). Selaku Penanggungjawab acara mengatakan bahwa kegiatan pembekalan ini bertujuan untuk membekali para peserta agar dapat melaksanakan pembinaan mental kepada para prajurit di satuan. Sehingga melalui kegiatan pembekalan ini diharapkan dapat dijadikan media untuk saling berkoordinasi serta memberi masukan, sehingga menjadi suatu konsep dalam upaya meningkatkan ketrampilan dan kemampuan perwira bintal dalam pelaksanaan pembinaan mental TNI Angkatan Udara saat ini maupun dimasa mendatang.

Marsma TNI Dr. Drs. Bastari, M.Pd., M. Sc., M, SI., (Han). menambahkan pembekalan ini diikuti seluruh perwira bintal TNI AU di tiap-tiap Satuan jajaran sebanyak 30 Perwira, dengan bermaterikan, Ekstrimisme keagamaan, Strategi Pembinaan Rohani Kontemporer, Konseling Psikologi, Nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, serta Nilai-nilai Kejuangan 45. Bahkan mantan Menteri agama di era Presiden Joko Widodo pada periode pertama yaitu Drs. Lukman Hakim Saifudin, turut andil memberikan materi yang berjudul Moderasi beragama.

(Eky)

About the Author /

Pimpinan Perusahaan SketsIndo Juni 2016.