Home / Berita / Metropolitan / Massa Terus Berdatangan, Pendemo Cari Penginapan Masjid Sekitar

Massa Terus Berdatangan, Pendemo Cari Penginapan Masjid Sekitar

Jakarta, sketsindonews – Sejumlah massa daerah peserta demo terus berdatangan di Masjid Istiqlal. Kondisi malam ini diperkirakan mencapai 2.000 massa telah hadir di lokasi Masjid.

Sepertinya mereka akan menginap di Masjid Istiqlal peserta demo dari daerah walaupun belum ada putusan resmi dari Masjid Istiqlal.

Pantauan sketsindonews.com sepertinya pengunjuk rasa yang berasal dari luar daerah bakal diperbolehkan untuk beristirahat di lingkungan Masjid Istiqlal.

Hal tersebut terpaksa dilakukan pengelola masjid karena mereka tidak bisa melarang kendati sudah memiliki peraturan.

“Aturan dari kami, sebenarnya tidak boleh menginap, tetapi kalau saudara-saudara kita datang jauh dan pas-pasan, tidak ada tempat lain lagi selain di Istiqlal, makanya mereka ke sini,” ungkap Abu Hurairah, Kepala Protokol Masjid Istiqlal di Kompleks Masjid Istiqlal, Sawah Besar.

Kendati diizinkan menginap di masjid tersebut, pengelola melarang pengunjuk rasa tidur di lantai 2.

Pihaknya menyediakan area basement sebagai tempat yang bisa dijadikan area untuk beristirahat bagi para pengunjuk rasa.

“Di basement (saja) tidurnya. Area lantai atas kami larang, karena karpet itu kan tempat salat, kalau dipakai tidur nanti kotor. Jadi paling di sini atau di sekitar parkiran itu. Biasanya mereka jarang tidur. Begadang nunggu sampai besok,” katanya.

Selain itu mereka diminta menggunakan fasilitas yang ada di masjid secara bijak.

“Mereka kan butuh air, MCK, itu kan fasilitas dari Istiqlal, yang bayar juga Masjid Istiqlal. Jadi tolonglah gunakan fasilitas air dengan bijak dan irit,” kata Abu Hurairah.

Sementara lokasi lain yang juga akan jadi tempat menginap para demonstran adalah Masjid Al Ihsan di Jalan Taman Kebon Sirih III/8, Kampung Bali, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Pengurus Masjid Al Ihsan, Ahmad Solihin, menyebut, masjid yang terletak persis di belakang Kementerian Agama ini mampu menampung sekitar 400 jamaah.

“Bahkan bisa sampai 450, karena kita ada aula di lantai dua,” kata Solihin.

Solihin mengaku sudah banyak jemaah yang booking tempat untuk menginap di masjid ini.

“Sudah hampir mendekati 400 orang, mereka datang dari Sumatera, Kalimantan, bahkan dari kampungnya Ahok di Bangka Belitung,” ungkap dia.

Solihin mengatakan, baik pengurus masjid maupun masyarakat sekitar tidak keberatan masjid ini bakal menjadi penampungan jamaah.(*)

Check Also

Donor Darah Di Makohanudnas, ‘Menyumbangkan Darah Perbuatan Mulia’

Jakarta, sketsindonews – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kohanudnas ke-57 pada 9 Februari …

Watch Dragon ball super