Mengenal Apa Itu Payroll, Metodenya dan Cara Membuatnya Lebih Mudah

oleh
oleh

Jakarta, sketsindonews – Menggaji karyawan adalah salah satu kewajiban perusahaan dalam rangka memenuhi hak kepada karyawan. Di dalam dunia kerja istilah penggajian akrab disebut dengan payroll.

Proses payroll adalah hal yang sudah tidak asing lagi bagi HR. Agar Anda lebih paham lagi, mari simak mengenai pengertian payroll lebih dalam di bawah ini!

Apa Itu Payroll?

Payroll merupakan suatu sistem penggajian karyawan yang dimulai dari tahap perhitungan komponen-komponen terkait penggajian sampai dengan pembayaran gaji dalam kurun waktu tertentu,

Istilah payroll ini banyak digunakan oleh perusahaan. Banyak dari mereka juga menganggap bahwa payroll punya arti memberikan sejumlah uang kepada karyawan atas hasil dan kinerja yang sudah mereka lakukan dalam satu periode.

Payroll sendiri dikenal dengan prosesnya yang rumit, maka tidak heran bila saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan sistem payroll berbasis teknologi untuk mempersingkat pengerjaan payroll.

Dengan sistem payroll berbasis teknologi, perhitungan seluruh gaji setiap karyawan akan dilakukan secara otomatis sehingga akan mempersingkat pengerjaan.

Kehadiran payroll software ini tentu menjadi solusi untuk perusahaan yang memiliki jumlah karyawan yang banyak, jadi Anda tidak lagi perlu repot menghitung secara manual pembayaran gaji karyawan dan segala komponennya karena semua akan dihitung dengan sistem.

Selain itu, setiap karyawan juga akan mendapatkan perhitungan yang detail mengenai apa saja komponen dalam gaji mereka. Seperti tunjangan, bonus, potongan pajak, asuransi, dan lainnya.

Apa Saja Metode Perhitungan Payroll

Setiap perusahaan memiliki metode dan perhitungan yang berbeda-beda disesuaikan dengan kebijakan yang diberlakukan.

Namun, setiap perusahaan harus mematuhi aturan perhitungan gaji karyawan yang telah ditetapkan oleh pemerintah yang tertuang dalam undang-undang. Terdapat 3 metode dalam perhitungan payroll, antara lain:

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.