Home / Teknologi / Apps & Os / Mengenal Apa Itu Payroll, Metodenya dan Cara Membuatnya Lebih Mudah

Mengenal Apa Itu Payroll, Metodenya dan Cara Membuatnya Lebih Mudah

Jakarta, sketsindonews – Menggaji karyawan adalah salah satu kewajiban perusahaan dalam rangka memenuhi hak kepada karyawan. Di dalam dunia kerja istilah penggajian akrab disebut dengan payroll.

Proses payroll adalah hal yang sudah tidak asing lagi bagi HR. Agar Anda lebih paham lagi, mari simak mengenai pengertian payroll lebih dalam di bawah ini!

Apa Itu Payroll?

Payroll merupakan suatu sistem penggajian karyawan yang dimulai dari tahap perhitungan komponen-komponen terkait penggajian sampai dengan pembayaran gaji dalam kurun waktu tertentu,

Istilah payroll ini banyak digunakan oleh perusahaan. Banyak dari mereka juga menganggap bahwa payroll punya arti memberikan sejumlah uang kepada karyawan atas hasil dan kinerja yang sudah mereka lakukan dalam satu periode.

Payroll sendiri dikenal dengan prosesnya yang rumit, maka tidak heran bila saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan sistem payroll berbasis teknologi untuk mempersingkat pengerjaan payroll.

Dengan sistem payroll berbasis teknologi, perhitungan seluruh gaji setiap karyawan akan dilakukan secara otomatis sehingga akan mempersingkat pengerjaan.

Kehadiran payroll software ini tentu menjadi solusi untuk perusahaan yang memiliki jumlah karyawan yang banyak, jadi Anda tidak lagi perlu repot menghitung secara manual pembayaran gaji karyawan dan segala komponennya karena semua akan dihitung dengan sistem.

Selain itu, setiap karyawan juga akan mendapatkan perhitungan yang detail mengenai apa saja komponen dalam gaji mereka. Seperti tunjangan, bonus, potongan pajak, asuransi, dan lainnya.

Apa Saja Metode Perhitungan Payroll

Setiap perusahaan memiliki metode dan perhitungan yang berbeda-beda disesuaikan dengan kebijakan yang diberlakukan.

Namun, setiap perusahaan harus mematuhi aturan perhitungan gaji karyawan yang telah ditetapkan oleh pemerintah yang tertuang dalam undang-undang. Terdapat 3 metode dalam perhitungan payroll, antara lain:

1. Metode Netto

Metode ini adalah gaji yang diterima karyawan sudah melalui pemotongan pajak penghasilan (PPh 21) dan juga iuran BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan.

Jika perusahaan menggunakan metode netto, maka perusahaan harus menghitung besaran pajak dan membayar iuran jaminan sosial karyawan. Sehingga karyawan akan menerima gaji bersih dan tidak lagi perlu menghitung pajak dan iuran BPJS.

Penggunaan metode netto ini bisa dikatakan memberatkan bagi perusahaan karena harus menghitung seluruh potongan dan membayar pajak setiap karyawan. Namun, beruntung sekarang sudah ada payroll software yang memudahkan proses perhitungan gaji netto.

2. Metode Gross

Berbeda dengan metode netto, untuk metode gross para karyawanlah yang harus menghitung dan membayar sendiri pajak dan iuran BPJS. Dengan metode ini, perusahaan akan memberikan gaji tanpa melakukan pemotongan gaji.

Metode ini mengharuskan karyawan untuk mandiri dalam memotong, menghitung, dan membayar pajak dan iuran BPJS.

3. Metode Gross Up

Dalam metode ini, perusahaan akan memberikan tunjangan pada gaji karyawan sesuai dengan jumlah pajak dan iuran BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan. Jadi perusahaan yang menggunakan metode gross up akan menanggung seluruh biaya pajak dan iuran dengan menyertakan tunjangan pajak pada gaji yang diberikan.

Nantinya setiap karyawan wajib membayar kewajiban pajak secara mandiri. Setelah karyawan membayarkan pajak, mereka harus melakukan pelaporan kepada perusahaan.

Dari ketia metode di atas, masing-masing tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Jadi perusahaan harus bisa menentukan mana metode yang paling cocok.

Seperti Apa Perhitungan Payroll

Anda harus tahu apa saja yang menjadi komponen dalam menghitung gaji karyawan, komponen tersebut antara lain:

1. Gaji pokok

2. Tunjangan tetap

3. Tunjangan tidak tetap

4. Potongan

5. Upah lembur

6. Bonus

Seluruh komponen tersebut perlu dihitung dengan melihat jam kehadiran karyawan. Merepotkan bukan? Maka dari itu, sangat disarankan untuk perusahaan menggunakan payroll software seperti LinovHR yang memudahkan perhitungan gaji karyawan.

Ada banyak fitur di dalam software payroll ini yang akan memudahkan perusahaan dalam mengelola, menghitung, dan manajemen penggajian karyawan. Apalagi software LinovHR ini sudah berbasis cloud sehingga lebih aman.

Anda dapat mengunjungi website LinovHR untuk melihat lebih lengkap fiturnya dan ajukan demo gratis.

Source: https://www.linovhr.com/apa-itu-payroll/

Check Also

Bisa Simpan Daging dan Frozen Food Lebih Banyak Kulkas Jumbo Metallic Inverter Solusinya

Jakarta, sketsindonews – Berbagai kalangan sudah pasti membutuhkan kulkas untuk penyimpanan. Bukan hanya untuk minuman, …

Watch Dragon ball super