Menhub Ajak Saudagar NU Manfaatkan Tol Laut

oleh
oleh

Jakarta, sketsindonews – Dalam membantu mewujudkan pemerataan pembangunan yang dicanangkan oleh Pemerintah, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengajak para saudagar atau pengusaha yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) dari Nahdlatul Ulama (NU) untuk turut serta dalam kerjasama melalui program-program yang dimiliki seperti tol laut, kapal pelayaran rakyat (pelra), serta pendidikan vokasi. Demikian disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di depan Pengurus Nahdlatul Ulama (NU) dalam acara Sarasehan dengan tema “Pengembangan Ekonomi Umat dan Kemaritiman Indonesia” di Pondok Pesantren Luhur Al-Tsaqafah di Jalan Muh Kahfi II Ciganjur, Jakarta Selatan pada Kamis (6/4).

“Saya mengajak pengusaha dari NU untuk memanfaatkan tol laut, dengan tol laut mereka bisa mengirim barang dengan lebih cepat karena konektivitas antar pulau dan dapat menurunkan biaya transportasi atau biaya logistik. Nah tadi ada pengusaha tekstil yang selalu mengirim produknya ke Indonesia Timur bisa memanfaatkan tol laut,” jelas Menhub.

Dalam paparannya, Menhub mengatakan Kemenhub juga memberikan bantuan untuk pelayaran rakyat guna mendorong usaha masyarakat pada kapal-kapal tradisional yang mengangkut komoditas bahan pokok atau barang lainnya. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh pengusaha NU untuk menciptakan lapangan pekerjaan seperti mendirikan koperasi.

“Pemerintah berniat memberikan upaya pengentasan terhadap potensi masyarakat baik di pusat maupun di daerah untuk berwiraswasta karena tidak mungkin semuanya dikerjakan oleh Pemerintah. Contohnya di Pelabuhan, dengan adanya pelayaran rakyat, mereka bisa membuat koperasi untuk mengelola kapal rakyat. Pasti akan menciptakan lapangan pekerjaan dengan potensi dan kemapuan yang mereka miliki,” kata Menhub.

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.