Home / Berita / Menhub Dorong Penyerapan Lulusan Sekolah Perhubungan Bekerja Di Luar Negeri

Menhub Dorong Penyerapan Lulusan Sekolah Perhubungan Bekerja Di Luar Negeri

Singapura, sketsindonews – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta seluruh Atase (perwakilan) Perhubungan di sejumlah negara turut berperan dalam upaya penyerapan tenaga kerja lulusan sekolah-sekolah Perhubungan khususnya para pelaut di luar negeri.

“Indonesia mempunyai potensi tenaga-tenaga kerja di bidang aviasi, pilot, dll. Saya minta juga tidak hanya Atase Perhubungan di Singapura tetapi juga di Malaysia, Belanda, Inggris, Amerika, Jepang untuk secara intensif (berkomunikasi) supaya tenaga kerja di luar itu semakin banyak,” katanya di Singapura (6/2).

Lanjut Budi, saat ini Atase Perhubungan di Singapura telah melakukan pendekatan dengan perusahaan perkapalan di Singapura.

“Kalau di Singapura pihak Atase sudah melakukan komunikasi, sudah ada permintaan dalam kisaran 10-50 orang dimana kebanyakan permintaan di sektor maritim kalau sektor udara itu perlu dilakukan suatu penjajakan terlebih dahulu,” jelasnya.

Ia mencatat saat ini ada kurang lebih 400 ribu orang tenaga kerja Indonesia yang bekerja di sektor maritim. Namun katanya jumlah ini masih kalah dengan tenaga kerja sektor maritim asal Filipina.

Akan tetapi, Ia yakin tenaga kerja sektor maritim dari Indonesia jauh lebih memenuhi kompetensi yang sudah diakui luar negeri. “Saya pikir sekolah Perhubungan yang jumlahnya lebih dari 20 ini sanggup mensuplai bukan saja di Indonesia tapi juga untuk di negara-negara maju dan kita memang dapat suatu kualifikasi yang baik dari internasional,” ujarnya.

Akan tetapi diakuinya, jika lulusan dari sekolah-sekolah Perhubungan masih perlu di tingkatkan lagi kemampuannya terlebih dalam hal komunikasi bahasa asing dan digital.

Terkait rencana ini dia menyebut dalam waktu dekat akan ada kerjasama antara Kementerian Perhubungan dengan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Budi berharap pada tahun 2018 paling tidak ada 50 ribu tenaga kerja sektor maritim yang akan dikirim ke luar negeri. Dalam waktu 2 tahun dia menargetkan akan ada 500 ribu calon tenaga kerja sektor maritim yang terserap di sejumlah perusahaan di luar negeri.

Sebelumnya pada hari yang sama, Budi juga menghadiri acara ribbon cutting Singapore Airshow di Changi Exhibition Centre, Singapura. Turut hadir diantaranya Menteri Koordinator Bidang Polhukam Wiranto dan Menteri Pertahanan  Ryamizard Ryacudu.

Pada kesempatan tersebut Budi sempat mengunjungi langsung gerai PT Dirgantara Indonesia dan Garuda Indonesia Group.

(*)

Check Also

Anang Serukan Elit Cooling Down Saat Asian Games

Jakarta, sketsindonews – Asian Games yang bakal digelar pada 18 Agustus 2018 di Jakarta dan …

Watch Dragon ball super