Home / Berita / Menhub Pastikan Persiapan Arus Balik
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat meninjau Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur bersama Gubernur DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat, selasa (20/6). (Dok. Humas Kemenhub)

Menhub Pastikan Persiapan Arus Balik

Jakarta, sketsindonews – Untuk memastikan persiapan arus balik mudik lebaran tahun 2017 bisa berjalan lancar, hari ini, Rabu (28/6) atau H+2, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan serangkaian kunjungan kerja ke Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Kunjungan ini dimulai dengan melakukan tinjauan ke Posko Pemantauan Lalin Lebaran di Cikopo, Jawa Barat. Menuju Cikopo, Budi didampingi sejumlah pejabat teknis terkait menggunakan Kereta Api dari stasiun Gambir.

Di Posko Cikopo tersebut, dia bermaksud untuk memberikan apresiasi kepada para petugas posko yang pada arus mudik lalu telah bertugas mengatur arus lalu lintas dengan baik.

“Selain memberikan apresiasi, Menhub juga memberikan arahan dan motivasi kepada petugas posko, agar tetap semangat dalam mengatur arus lalu lintas pada arus balik,” jelas Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub J. A. Barata, Rabu (28/6) di Jakarta.

Usai tinjauan ke Posko Lalin di Cikopo, dengan berkendara mobil, Menhub beserta rombongan menuju ke Pintu tol keluar Brebes Timur atau yang dikenal dengan Brexit, untuk memastikan kondisi arus lalu lintas masih tetap lancar.

Selain meninjau kondisi arus lalu lintas jalan di Brebes, selanjutnya Menhub kembali ke Cirebon untuk meninjau sejumlah sarana dan prasarana transportasi antara lain di, Pelabuhan Cirebon dan Terminal Bus Harjamukti Cirebon, dan Stasiun KA Cirebon.

“Tinjauan Menhub ke pelabuhan, terminal, dan stasiun untuk memastikan aspek keselamatan angkutan umum tetap terjaga,” ujar Barata.

Pada Kamis (29/6) Menhub bertolak menuju Semarang, Jawa Tengah untuk meninjau beberapa titik. Di antaranya, Stasiun KA Tawang, Pelabuhan Tanjung Emas, Terminal bus Mangkang, Bandara Ahmad Yani, dan tol Bawen.

Agar Arus balik tidak mengalami kepadatan pada satu hari tertentu, Kementerian Perhubungan telah menyiapkan berbagai strategi, di antaranya : mengimbau masyarakat agar dapat melakukan perjalanan sebelum 30 Juni 2017, berkoordinasi dengan Korlantas Polri untuk memberlakukan jalur satu arah pada jalan darurat terusan tol dari Arah Gringsing, Batang menuju Brebes dan pengaturan kepadatan kendaraan yang berada di rest area.

“Kami mengimbau masyarakat yang akan melakukan arus balik agar dapat melakukan perjalanan tidak lewat dari tanggal 30 Juni, mengingat setelah tanggal 30 Juni, aturan pembatasan angkutan truk lebih dari tiga sumbu sudah berakhir,” terang Barata.

“Selain itu, berdasarkan evaluasi kami pada arus mudik lalu, rest area menjadi salah satu penyebab kemacetan. Untuk itu pada arus balik ini akan kita lakukan pengaturannya,” tambahnya.

(Red)

Check Also

Polisi Pastikan Akan Segera Tetapkan Tersangka Pemukulan Di Tarumajaya

Bekasi, sketsindonews – Sariedi, Orang tua dari Dedi Saputra korban pemukulan di Tarumajaya, Bekasi pada …

Watch Dragon ball super