Home / Berita / “Merak Sakti” Melahirkan Wara Sejati
Siswa Semaba TNI AU A-41 sedang melaksanakan giat long march dalam rangka Latganda Merak Sakti di daerah Bangkel Prambanan (Dok. Pentak Adisutjipto)

“Merak Sakti” Melahirkan Wara Sejati

Jakarta, sketsosindonews ‘Merak Sakti’ merupakan nama latihan berganda bagi siswa Semaba TNI Angkatan udara, Angkatan 41, demikian pernyataan Komandan Skadik 105, Letkol Sus. Palupi Rahayu,S.H disela-sela latihan berlangsung, selasa, (22/11). Latihan tersebut rencananya akan dilaksanakan selama 8 hari, dari tanggal 18 sampai dengan 25 November 2016.

Siswa Semaba TNI AU A-41 sedang melaksanakan penyeberangan basah dalam rangka Latganda Merak Sakti di daerah Bangkel Prambanan (Dok. Pentak Adisutjipto)
Siswa Semaba TNI AU A-41 sedang melaksanakan penyeberangan basah dalam rangka Latganda Merak Sakti di daerah Bangkel Prambanan (Dok. Pentak Adisutjipto)

Letkol Sus Palupi Rahayu selaku Komandan Latihan menyampaikan bahwa, usai upacara pembukaan para siswa setelah mendapatkan Perintah Operasi ( PO) langsung melaksanakan  kegiatan sesuai jadwal, diantaranya IMPK (Ilmu Medan Peta dan Kompas), berbivak, How To Find (HTF), Taktik Tempur Dasar dan Taktik Kesatuan Kecil, Caraka Malam, IC dan serangan fajar.

img-20161122-wa0022

Lebih lanjut Letkol Sus Palupi, menambahkan bahwa pada hr ini telah dilaksanakan Infiltration Course (IC) yang dilanjutkan dengan survival dan pionir di daerah Sinolewah dan Mayang Sekar. Selama melaksanakan berbagai kegiatan latihan di tempat terpisah, perpindahan pasukan dilaksanakan dengan giat long march.

“Sebelum kegiatan Latganda berakhir, tahapan yang harus dilaksanakan oleh para siswa adalah kegiatan Serangan Fajar dan Konsolidasi di Mako Wara Skadik 105 Kaliurang,” paparnya.

Sementara Mayor Kes Lusia Tri Lestari,S.Pd selaku Wakil Komandan Latihan menyampaikan bahwa Latihan Merak Sakti Siswa Semaba TNI AU A-41 tahun 2016 diikuti oleh 60 siswa, 76 pembina dan pelatih serta 10 orang tenaga bantuan organik. Selama latihan, para siswa akan menempuh jarak sekitar 115 km, yang dimulai dari Mako Skadik 105 dan berakhir juga di Mako Skadik 105 Kaliurang.

Mayor Kes Lusia Tri Lestari,S.Pd, menambahkan sampai saat ini siswa Semaba TNI AU dapat melalui seluruh kegiatan dengan sehat, aman dan selamat. Selama latihan tidak ada kendala yang berarti meskipun weather tidak mendukung.

“Faktor Lambangja sangat kami perhatikan agar safety dalam latihan tetap terjaga dengan baik sehingga semua siswa dapat menyelesaikan latihan berganda dengan lancar,” pungkasnya.

Latihan Berganda “Merak Sakti” rencananya akan ditutup oleh Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Ir. Novyan Samyoga, M.M, Jumat 25/11 bertempat di Lapangan Skadik 105 Kaliurang. (Kumara)

Check Also

Viral !!!, Ibu Siksa Anak Batita, Ini Kata Erlinda

Jakarta, sketsindonews – Ketua Indonesia Child Protection Watch, Erlinda angkat bicara terkait video yang memperlihatkan perlakuan …

Watch Dragon ball super