Mercure Convention Center, Pelopor Penerapan ‘Zero Waste Food’

oleh
oleh
banner 970x250

Riset lembaga pangan dunia, FAO mencatat setiap orang Indonesia berpotensi membuang rata – rata 300 kg makanan dalam setahun. Dan sebagian penduduk Indonesia tidak merasa bersalah membuang sisa makanannya di tempat sampah.

Untunglah tidak semua orang beranggapan seperti itu. Terlebih menyadari bahwa makanan tidak pantas dibuang, masih ada sekelompok masyarakat yang peduli dan bergerak menyelamatkan sisa makan tersebut dengan berbagai cara, salah satu diantaranya dilakukan oleh sejumlah karyawan Mercure Convention Center Ancol Hotel, yang berkolaborasi dengan Suku Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Sudin LHK), Jakarta Utara.

banner 300x600

Perlu diketahui, bahan pangan dunia, FAO mencatat bahwa Indonesia menjadi negara nomor dua dunia setelah Arab Saudi yang menghasilkan sampah makanan. Atau jika di rata rata, maka orang Indonesia bisa membuang sampah makanan 300 kg per tahun. Dan Pulau Jawa menyumbang sampah makanan terbesar di Indonesia dengan kisaran 21 juta Ton sampah makanan setiap tahun. Sedangkan di Provinsi DKI menghasilkan sampah makanan sebesar 2.45 juta ton.

Padahal, dari sisa pangan tersebut masih sangat mungkin untuk dimanfaatkan, seperti sisa nasi bisa dijadikan Karak atau Nasi Aking yang berpotensi bisnis yakni sebagai pakan ternak. Sementara sisa buah dan makanan lainnya yang telah dipisahkan dan (masih bisa diolah kembali sebelum tiga jam, red), dapat dimanfaatkan oleh mereka yang membutuhkannya, agar distribusi efisien dan tepat sasaran, dapat bekerjasama dengan lembaga seperti Yayasan.

Melalui Bank Sampah ‘Food Cycle Farm’ yang dikelola Bambang selaku Assistant Housekeeping Manager, Mercure Convention Center Ancol Hotel mengelola sampah basah berupa sayuran dan buah buahan yang tak dipakai untuk dimanfaatkan sebagai media pangan dari siklus 45 hari pengembangbiakan Maggot yang berasal dari lalat dewasa. Mulai dari Lalat Dewasa, lalu Bertelur, menjadi Maggot, lalu kepompong hingga menjadi Lalat Dewasa lagi.

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.