Musrenbang 2020 Sawah Besar, Warga Berharap Pembangunan Puskesmas Menjadi Kenyataan

Jakarta, sketsindonews – Dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Sawah Besar, Kamis (13/02/20) kembali harapan warga terkait pembangunan Puskesmas menjadi topik pembahasan.

Usulan 2 pembangunan Puskesmas di dua Kelurahan tersebut di Kecamatan Sawah Besar menjadi usulan prioritas di tahun anggaran 2021 mendatang, dimana pihak pemerintah diharapkan dapat merealisasikan secara nyata atas prioritas ini disampaikan bagi kepentingan warga Kecamatan Sawah Besar.

Menurut Tuti Ketua RW 03 Kelurahan Karang Anyar, usulan pembangunan fisik dengan harapanfasilitas kesehatan ini dapat direalisasikan dan menjadi mendesak, mengingat tingkat kualitas kesehatan pemukiman padat sangat memerlukan layanan kesehatan oleh pemerintah.

“Harapan kami itu menjadi harapan dan kenyataan, bukan angan – angan dalam Musrenbang karena ini menjadi pendesakan layanan umum bagi warga di wilayahnya,” ujarnya.

Sumber diterima sketsindonews.com dalam Musrenbang Kecamatan Sawah Besar Kota Jakarta Pusat terdapat 6 usulan prioritas dari 239 usulan, salah satunya pembangunan Puskesmas di Kelurahan Karang Anyar dan Kelurahan Gunung Sahari Utara. Pembangunan ini dilakukan lantaran Kelurahan Karang Anyar belum memiliki Puskesmas Kelurahan.

Sedangkan Puskesmas di Kelurahan Gunung Sahari Utara hingga saat ini masih mengontrak menjadi satu kehutuhan yang sudah tidak memadai bagi layanan publik.

Adapun usulan-usulan prioritas yang akan dilaksanakan pada tahun 2021 mendatang diantaranya lanjutan pelaksanaan penataan kawasan pertokoan Pasar Baru, pembangunan lanjutan jalur hijau sepanjang Jalan Rajawali Selatan, pembangunan kawasan pompa terpadu di Pangeran Jayakarta, pembangunan rumah pompa Kali Ciliwung di Jalan Pasar Baru Timur tepatnya di ujung Jalan Kelinci Raya atau Jalan Sentul, serta pembangunan lanjutan shetpile sepanjang Kali Ciliwung atau tepatnya terletak di Jalan Pasar Baru Timur hingga Jalan Pasar Baru Selatan.

“Lahan untuk pembangunan Puskesmas sudah ada, tapi harus dibeli dulu. Karena itu, kita saling koordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk segera membangun Puskesmas di dua Kelurahan ini,” ucap Sumber.

Sementara itu, Camat Sawah Besar, Prasetio mengatakan dari 239 usulan yang tengah dibahas ini terdiri dari 47 usulan Kelurahan Mangga Dua Selatan, 55 usulan dari Kelurahan Gunung Sahari Utara, 29 usulan dari Kelurahan Pasar Baru, 67 usulan dari Kelurahan Karang Anyar serta 41 usulan dari Kelurahan Kartini.

“Dari 239 usulan, ada 6 usulan prioritas dengan total anggaran sekitar Rp 98,1 miliar. Salah satunya pembangunan dua Puskesmas di dua Kelurahan yakni Karang Anyar dan Gunung Sahari Utara,” tandasnya.

(Nanorame)