Home / Artikel / Nabi Palsu dan Nabi yang Bisa Dipesan Khotbahnya
Ilustrasi (Sumber: firman-tuhan.org)

Nabi Palsu dan Nabi yang Bisa Dipesan Khotbahnya

Mika 3:5-12

Renungan, sketsindonews – Kalau kita baca Kitab Nabi Mikha, kita temukan pernyataan yang jelas dari Tuhan Allah sendiri tentang nabi-nabi palsu.

Nabi-nabi itu menyerukan perdamaian ketika perut mereka kenyang dan menyerukan perang ketika mereka kelaparan.

Nabi semacam ini bisa dipesan nubuat dan isi khotbahnya, tergantung siapa yang membayar. Perdamaian agaknya bukan pesan utama dari para nabi.

TUHAN murka dan menghukum para pemimpin Israel. Kegelapan menjadi ciri khas ketidakbenaran yang mereka sukai. Mereka sengaja membiarkan diri lebur dalam kejahatannya.

Berbeda dengan Mikha yang mengandalkan TUHAN, ia disertai oleh kuasa TUHAN. Itu sebabnya ia dengan berani memberitakan pelanggaran dan dosa bangsa Israel, termasuk dosa para pemimpin rohani maupun pemimpin negara.

Mikha tidak takut, meski ia harus menghadapi bahaya itu sendirian. Ia sadar akan tugas dan tanggung jawabnya sebagai nabi Allah.

Pemimpin yang bertanggungjawab, adil, benar, dan bijaksana akan diberikan kepercayaan dan kekuasaan oleh TUHAN.

Mikha melalui Nubuatnya ini menyerukan agar umat Israel bertobat dan para pemegang kekuasaan untuk menggunakan kekuasaannya dengan bijaksana, bukan untuk menindas mereka yang miskin dan tidak mempunyai kekuatan secara sosial-politis.

(Eky/ Renungan HKBP Ujung Menteng)

Check Also

Kalahkan Kejahatan Dengan Kasih Tuhan

Roma 12: 9-21 Renungan, sketsindonews – Kasih ini mesti dimulai dari dalam dulu, karena, tidak …

Watch Dragon ball super