Home / Berita / Notaris: Untuk Mempermudah Mengurus Surat Tanah Masyarkat Diharapkan Konsultasi

Notaris: Untuk Mempermudah Mengurus Surat Tanah Masyarkat Diharapkan Konsultasi

Jakarta, sketsindonews – Keterbatasan informasi tentang perizinan menjadi alasan masyarakat untuk menunda pembuatan surat-surat atas kepemilikan tanah dan bangunan.

Oleh sebab itu, PPAT atau Notaris dalam hal ini menghimbau kepada masyarakat bagi mereka yang telah melakukan transaksi jual beli terkait tanah dan bangunan dapat segera berkonsultasi dengan pihak Notaris dengan tujuan pemilik dapat dengan mudah memahami mekanisme bagaimana tata cara mengurus surat-surat tentang akte tanah dan sertifikat dengan mudah.

Saat ditemui dikantornya, Ida Farida, SH menyarankan bagi pemohon atau masyarakat yang ingin membuat surat tanah harus melengkapi dengan surat keterangan dari RT,RW dan surat keterangan tidak sengketa dari kelurahan setempat. Setelah persyaratan telah dilalui pembeli atau penjual dengan bersama-sama menandatangani lembaran yang dibutuhkan oleh Notaris berikutnya melunasi pajak PPh.

“Yang penting berkas lengkap misalnya, dasar-dasarnya dari girik. Yang terpenting saya berkasnya rapih (lengkap) kalau saya yang terpenting tidak bermasalah,kalau dia pernah beli tanah coba dikonsultasikan dan melengkapkan keterangan tidak sengketa dari kelurahan,” jelas Ida Farida,SH kepada sketsindonews.com. Rabu (19/10).

Lanjutnya, Ida juga menjelaskan bagi pembeli rumah dan bangunan harus melengkapkan bukti pembayaran yang syah (kwitansi). Bilamana persyaratan kurang lengkap maka yang bersangkutan akan menolak karena akan dinilai akan bermasalah dikemudian hari.

“Ada kejadian di akte jual beli tidak sesuai nanti takutnya punya orang dimasukin tanah girik surat kavling BTPnya ada. Kalau dia pernah beli tanah coba aja dikonsultasikan,” imbunya di jalan Wijaya Kusuma Raya, Klender Jakarta Timur.

Kedepannya, diperkirakan pada tahun 2017 kata Ida, pihak pertanahan akan mempermudah masyarakat dalam proses pembuatan serifikat tanah.

“Akan dibuka loket khusus tahun 2017 di BPN murah dan cepat,” tutupnya.  (Dw)

Check Also

Viral !!!, Ibu Siksa Anak Batita, Ini Kata Erlinda

Jakarta, sketsindonews – Ketua Indonesia Child Protection Watch, Erlinda angkat bicara terkait video yang memperlihatkan perlakuan …

Watch Dragon ball super