Home / Artikel / Padi Menguning di Desa Air Lesing, Jamin Pasokan Beras Melimpah

Padi Menguning di Desa Air Lesing, Jamin Pasokan Beras Melimpah

Musi Rawas, sketsindonews – Petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Setia Tani 2 di Desa Air Lesing Kecamatan Muara Beliti Kabupaten Musi Rawas bergembira, pasalnya selama bulan ini tidak hentinya melakukan kegiatan panen padi. Produksi padinya pun melimpah seperti halnya di beberapa wilayah lainnya di Kabupaten Musi Rawas.

Sehingga mampu menyediakan beras guna memenuhi konsumsi masyarakat. Pasokan beras saat ini cukup dan sekaligus mampu menjaga harga beras tetap stabil.

Kegiatan panen kali ini dilakukan hari selasa (26/12) dan dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Musi Rawas dengan pendampingan bersama Perwakilan Penanggung jawab Upaya khusus Kementerian Pertanian untuk Kabupaten Musi Rawas, perwakilan BPTP Sumsel, Penyuluh pertanian, dan petani setempat. Lahan sawah Kelompok Tani Setia Tani 2 yang sudah dipanen lebih dari 14 Ha, dengan produktivitas hasil ubinan mencapai 8,16 ton /Ha GKP. Sementara itu, luas areal sawah di wilayah Desa Air lesing seluas 337 hektar dan diperkirakan yang siap dipanen hingga akhir bulan Desember 2017 seluas 60 Ha. Jenis varietas padi yang digunakan oleh petani setempat meliputi Inpari 6 dan Mekongga.

Pada kesempatan panen ini Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Musi Rawas, Ir. Heryanto, menyampaikan bahwa pada tahun 2017 luas tanam padi di Kabupaten Musi Rawas mencapai 66.414 Ha dengan luas panen hingga bulan Desember ini mencapai 64.561 Ha dan provitas rata-rata mencapai 5,96 ton/Ha GKG.

“Kita akan terus berupaya untuk menjadi lumbung beras di provinsi Sumatera Selatan. Ditingkat kabupaten, pihaknya akan terus berupaya melakukan terobosan untuk meningkatkan produksi pangan di daerahnya. Lahan tidak boleh dibiarkan lama nganggur dan tidak termanfaatkan. Kami akan berupaya keras agar pertanian terkelola dengan baik. Bantuan benih padi unggul dari pemerintah turut mendorong meningkatnya produksi yang dicapai pada musim ini.” Imbuhnya.

Selain itu, Penanggung jawab Upaya khusus Kabupaten Musi Rawas, Prof. Dr. Risfaheri mengungkapkan rasa optimisnya bahwa visi lumbung pangan dunia yang dicanangkan oleh Kementerian Pertanian akan tercapai.

“Kalau saya lihat kondisi ditingkat kelompok tani seperti ini terus, maka saya optimis Indonesia sebagai lumbung pangan dunia akan tecapai. Terjaminnya produksi padi Kabupaten Musi Rawas didukung adanya koordinasi dan sinergi yang baik pemerintah pusat dan daerah untuk terus menjamin dan meningkatkan produksi padi. Pendampingan dan terjun ke lapangan pun masif dilakukan untuk memantau perkembangan tanaman dan panen, jadi proses produksi berjalan lancar.” Ungkapnya.

(Edo)

Check Also

Luka Terus Menyala Discripsi Ramadhan

Sahur Hari Ketujuh Jakarta, sketsindonews – Sahur di hari 7 di bulan Ramadhan 1439 H …

Watch Dragon ball super