Pasca Kebakaran Kebon Kacang Gang Tike, Warga Bangun Kembali di Lahan Fasum

Jakarta, sketsindonews – Pasca kebakaran yang terjadi di Gang Tike Kelurahan Kebon Kacang Tanah Abang menghanguskan puluhan rukan di RT 016/01 warga masyarakat kembali secara perlahan membangun kembali diantara reruntuhan kebakaran.

Kawasan dulunya jalur hijau yang merupakan asset pemerintah hampir mencapai 2 Ha ini terbangun oleh warga sekitar sejak hampir 30 tahun lamanya di jadikan pemukiman padat.

“Bangunan hasil reruntuhan sengaja dibiarkan dan warga kembali membersihkan untuk membangun kawasan ini seperti semula.”

Warga gang tike Kebon kacang pasca kebakaran

Saat sketsindonews menyusuri bertemu salah satu warga terkena dampak H.Rochman (72) mengatakan, dirinya mengakui telah tinggal di lokasi Tanah Abang Kebon Kacang hampir puluhan tahun dengan membangun bisnis sembako, kini ingin kembali berusaha diantara puing warga, tukasnya.(10/9)

Rukonya secara beruntung karena garis Allah SWT asset miliknya nyaris hangus, namun masih bisa diselamatkan dari terpaan musibah kebakaran.

Lahan Fasum RTH

Dirinya saat disinggung bahwa kawasan ini di larang untuk dibangun kembali warga oleh pemerintah karena jalur hijau, Rochman mengatakan, dirinya meminta untuk tidak digusur walaupun nantinya di jadikan penataan kepentingan publik.

Setidaknya masih ada lokasi tinggal maupun usaha walau nantinya pemerintah DKI membangun RTH atau Taman Maju Bersama sehingga kawasan ini lebih baik, tutur Rochman.

Sementara Lurah Kebon Kacang Aiman Abdul Latif saat di konfirmasi sketsindonews, dirinya menunggu perintah dari Walikota terkait pasca ini walau ada wacan terbersit kawasan ini akan ditata menjadi asset peruntukan kepentingan publik.

“Saya tidak berani juga melarang warga untuk membangun kembali kehidupan dilokasi, tapi setidaknya pasca kebakaran diharapkan penataan lokasi tidak menimbulkan kumuh baru atas pasca musibah.”

Bagaimana nanti saja pemerintah DKI untuk melakukan perubahan kawasan sehingga ekosistem diwilayah ini lebih baik dalam membuka kehidupan sosial antar warga, tutup Aiman.

nanorame