Home / Berita / PBY-505 Catalina Tampil Lebih Cerah
Proses pengecatan pesawat amphibi PBY- 505 catalina di Mudpusdirla. (Dok. Pentak Lanud Adisutjipto)

PBY-505 Catalina Tampil Lebih Cerah

Yogyakarta, sketsindonews – Dalam rangka perawatan koleksi, Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla) Yogyakarta melakukan pengecatan terhadap pesawat amphibi PBY-505 Catalina.

Pesawat yang dioperasikan Skadron Udara 5 tahun 1950-an tersebut terlihat kusam karena sudah lama tidak dilakukan perawatan sehingga terjadi korosi. Kondisi tersebut yang mendasari Kamuspusdirla Letkol Sus Drs. Dede Nasrudin memerintahkan pengecatan pesawat PBY-505 Catalina, Selasa (6/6).

Pada saat melakukan peninjauan pengecatan pesawat PBY-505 Catalina, Kamuspusdirla mengatakan bahwa perawatan koleksi Muspusdirla merupakan kewajiban seluruh anggota tanpa terkecuali.

“Diharapkan dengan dilakukan pengecatan, pesawat PBY-505 Catalina akan terlihat lebih bagus dan terawat serta dapat meningkatkan kenyaman pengunjung,” ungkap Kamuspusdirla.

Warna biru yang selama ini dipakai dikembalikan kewarna asli yaitu abu-abu, sehingga memunculkan kesan cerah. Warna abu-abu yang dipilih adalah referensi dari Letkol Tek (Purn) Koesnadi Saleh, S.IP, mantan Juru Mesin Udara (JMU) pesawat PBY-505 Catalina tahun 1963-1968 saat menjadi kekuatan alutsista TNI AU.

Dalam pengecatan tersebut, Muspusdirla mendapat bantuan tenaga dari Komunitas Djogjakarta 1945. Komunitas ini sendiri merupakan komunitas pecinta sejarah yang ada di Yogyakarta.

Reporter: Kumara

Check Also

Anang Serukan Elit Cooling Down Saat Asian Games

Jakarta, sketsindonews – Asian Games yang bakal digelar pada 18 Agustus 2018 di Jakarta dan …

Watch Dragon ball super