Home / Artikel / Peduli Lansia, BPJS Kesehatan Menggalakan Senam Sehat

Peduli Lansia, BPJS Kesehatan Menggalakan Senam Sehat

Jakarta, sketsindonews – Hari Lanjut Usia Nasional (HALUN) yang jatuh pada tanggal 29 Mei 2017, mengingat menghadapi Ramadhan 1438 H akhirnya giat Halun yang diprakarsai Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) KCU Jakarta Pusat dan Puskesmas Cempaka Putih dimajukan pada tanggal 18 Mei 2017 di Gedung Aula Masjid Al-Nizham, jalan Rawasari Timur Cempaka Putih Jakarta Pusat.(18/5)

Dalam giat Halun selain dihadiri sebanyak 260 dari berbagai komunitas Senam Sehat lansia selama ini sangat aktif dalam partisipasi kebugaran secara fisik dengan pola hidup sehat.

doc.sketsindonews.com

Yudi Prabowo Bagian Management Kesehatan Pelayanan Primer KCU Jakarta Pusat mengatakan, pihak BPJS Kesehatan dalam hal ini sebagai upaya promotif preventif yang bekerja sama dengan provider puskesmas, Labkilinik Pramita, RS. Islam dan Pertamina Jaya, ujarnya

Peran tujuannya sebagai dukungan implementasi (germas), sosialisasi dan awerness kepada para peserta JKN-KIS dalam peningkatan kualitas kesehatan para lansia secara phisik.

Kami juga menganjurkan pemeriksaan rutin “Prolanis” ( program penyakit kronis) serta peran BPJS menggalakan Senam Sehat Lansia, dimana usia lanjut sangat rentan dengan seperti ; penyakit diabetes militus, hepertensi, jantung, osteoporosis dan asma.

Sementara Kepala Puskesmas Cempaka Putih Drg. Ati Sukmaningsih,Mkm menjelaskan, adanya lansia diharapkan kelangsungan hidup bisa terencana dengan baik dengan rasa berbagi edukasi, senam sehat kaitan dengan kesehatan jantung, dan penyakit lainnya yang dialami oleh para lansia (prolanis).

“Kami ingin lansia selalu hidup sehat, lansia untuk tidak miskin dimasa usianya dengan melakukan pembinaaan penyakit prolanis dengan memiliki kepersertaan BPJS sebagai penyelenggara jaminan kesehatan.”

Pihak kami Puskesmas Cempaka Putih sudah melakukan kerja sama selama 4 tahun dengan BPJS KCU Kota Jakarta Pusat dengan capaian hampir 85 ribu kepersertaan di 3 Kelurahan (Rawasari, Cempaka Putih Timur, Cempaka Putih Barat, terang Ati.

Ati menambahkan, dalam giat yang bertemakan Hidup Bermartabat di Usia Senja, dengan lansia hidup sehat, kreatif, produktif, mandiri, diharapkan kehidupan lansia dapat terukur dalam sosialnya.

Keberadaan Forum Komunikasi Lanjut Usia (FKLU) dan posyandu lansia yang terbentuk tujuannya sebagai media dalam membangun komunikasi antar para lansia, ujar Ati.

Selain pula setiap jum’at kami melakukan jumling (jum’at keliling) serta melaksanakan senam sehat di lingkungan warga bersama komunitas jumantik.

Sambung Ati, tercatat 300 komunitas yang sudah terbentuk dalam senam sehat lansia yang ada di Cempaka Putih secara berpartisipatif mengikuti program olahraga, konsultatif dalam mewujudkan lansia yang produktif, tutupnya.

reporter : nanorame

Check Also

Pemuda Kurus Kerap Bikin Ulah, Polisi Tembak Kaki si Pelaku

Medan, sketsindonews – Meski masih tergolong muda namun pemuda kurus jangkung bernama Muhammad Jefri (21) …

Watch Dragon ball super