Back

Media Terpercaya

Pekan Depan MK Akan Gelar Uji Materi Perppu Corona

Bogor, sketsindonews –  Uji materi terhadap lahirnya Perppu No 1 tahun 2020, yang dilakukan para pegiat anti korupsi di Mahkamah Konstitusi bakal digelar pada 28 April 2020 dengan agenda sidang pendahuluan.

Hal tersebut diungkapkan Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI), Boyamin Saiman kepada sketsindonews.com, Selasa (21/4/20) siang.

Menurutnya, Mahkamah Konstitusi telah mengirimkan surat panggilan kepada kuasa hukum MAKI, Yayasan Mega Bintang 1907, KEMAKI, LP3HI dan LBH PEKA selaku Pemohon Uji Materi Perppu No 1 tahun 2020.

“MAKI dan kawan-kawan telah mempersiapkan diri dalam  menghadapi sidang MK uji materi Perppu Corona dalam bentuk telah mempersiapkan ahli untuk memberikan pendapatnya dalam persidangan pleno MK,” tutur Boyamin dalam keterangan tertulisnya.

Ia mengungkapkan dalam persidangan itu pemohon uji akan menghadirkan para ahli tata negara semisal, Profesor. Dr. Romli Atmasasmita, Dr. Anthony Budiawan, Prof. Dr. Edy Lisdiono,  Dr. Mahfudz Ali, SH. MH,  Hery FirmansyahSH. MHum, MPA dan Efriyanto, SH. MH.

“Selain ahli, kami telah menyiapkan bukti bukti dokumen  yang diperlukan yaitu putusan perkara BLBI dan Century, dan  Undang Undang lain yang mengatur kekebalan pejabat (misal UU Kejaksaan dan UU Pengampunan Pajak),” terangnya.

Diakhir keterangannya, Boyamin hakul yakin dengan persiapan yang matang ini, MAKI percaya diri uji materi ini semoga dikabulkan oleh Mahkamah Konstitusi.

“Kami percaya diri Mahkamah akan menerima uji materi ini,” pungkas dia.

(Sofyan Hadi)

About the Author /

Pimpinan Perusahaan SketsIndo Juni 2016.