Home / Berita / Pemakai Internet di Indonesia Belum Bijaksana

Pemakai Internet di Indonesia Belum Bijaksana

Jakarta, sketsindonews – Direktur Jendral Aplikasi dan Informatika (Aptika) Kementrian Komunikasi dan Informatika, Samuel A. Pangerapan mengadakan diskusi bareng dengan jurnalis membahas prospek tahun 2018, dengan santai tapi serius, di daerah Bintaro, Tangerang Selatan, Hari senen (18/12).

Pertumbuhan pemakai internet di Indonesia dalam kurun waktu empat tahun melonjak dua kali lipat menjadi 132,7 juta pemakai internet, sedangkan tahun 2012 berjumlah 63 juta pemakai internet.

Lonjakan tersebut tidak dibarengi kemampuan mengolah kata dan membaca di dunia maya.

“Bisa dilihat dari penyebaran content negatif, seperti berita hoax, paham terorisme, radikalisme, pornografi, pelanggaran privasi, HAKI, dll. Semuanya di terima tanpa bijaksana saat menggunakan internet. Pandangan ini yang harus dikerjakan oleh Ditjen Aptika untuk dapat mengedukasi masyarakat agar berfikiran bijak berinternet.” Ucap Samuel Abrijani Pangerapan.

Dirjen Aptika melanjutkan, Survey CIGI terhadap 24 negara (trusted in the internet) Indonesia berada di peringkat ke 7 yang percaya terhadap informasi internet.

“Bahwa masyarakat percaya informasi yang ada di internet itu benar mencapai 65%. Dan Indonesia peringkat pertama untuk masih percaya apa yang dikatakan pemerintah dan ini mencapai 81% pengguna internet seluruh Indonesia,” ujar mantan Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).

Kedepan, fungsi literasi bertujuan untuk mengedukasi masyarakat pemakai internet di Indonesia, sehingga mereka dapat memanfaatkan kemajuan teknologi untuk hal-hal yang lebih bermanfaat.

“Pemerintah dalam hal ini Kemenkominfo punya peran penting sekali dalam hal literasi dan pengendalian ini. Jangan sampai orang dengan pemahaman berinternet yang terbatas, membuat konten, dan dipublikasi melalui internet kemudian orang lain percaya, padahal berita tersebut belum tentu benar. Ini kan bahaya,” pungkas Samuel A. Pangerapan.

(Edo)

Check Also

Terdakwa Ijazah Palsu Dituntut 9 Tahun Denda 1 Miliar

Jakarta, sketsindonews – Kuasa hukum korban ijazah palsu yang diterbitkan Sekolah Tinggi Injili Arastamar atau …

Watch Dragon ball super