Back

Media Terpercaya

Pemko Jakarta Pusat Buka Gelaran HBKB 8 Kecamatan Saat Masa Transisi

Jakarta, sketsindonews – Hari Bebas Berkendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi di kawasan Jalan Sudirman Jakarta, Minggu (21/6/20). Pemprov DKI Jakarta akan kembali di gelar disaat masa transisi PSBB.

Penggenggelaran HBKB atau car free day tetap menerapkan protokol kesehatan di sepanjang Jalan Jendral Sudirman dan MH Thamrin setelah ditiadakan sejak 15 Maret 2020 lalu karena pemberlakuan PSBB untuk mencegah penyebaran COVID-19 semakin meluas.

Sekretaris Kota Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin menuturkan, HBKB tetap saat ini untuk melarang pedagang membuka lapak di lokasi Car Free Day (CFD) yang akan digelar di delapan wilayah kecamatan.

“Untuk yang lapak-lapak sementara enggak boleh. Jadi lokasi CFD itu khusus untuk tempat berolahraga saja,” ujarnya, Rabu (24/6/20)

Pelaksanaan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) akan tetap berjalan dengan aturan Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi yang menjadi protap kegiatan tersebut.

Nantinya di setiap lokasi CFD di delapan kecamatan se-Jakarta Pusat akan dijaga oleh petugas dari Satpol PP hingga Suku Dinas Perhubungan menjadi leading sektor.

Dirinya meminta, tetap kalau ada potensi pedagang melibatkan Satpol PP, Dishub juga untuk menertibkan sesuai protokol PSBB Transisi sebagai aturan.

“Tapi kalau memang di situ ada toko-toko (pertokoan) pedagang diperbolehkan. Kan otomatis di jam-jam tertentu mereka buka, tetapi mudah-mudahan sih belum buka (saat CFD),” sambungnya.

Selain itu, para petugas juga akan mengawasi penerapan protokol kesehatan oleh masyarakat yang berkunjung atau berolahraga di CFD.

Anak berusia di bawah lima tahun, ibu hamil, dan lansia dilarang memasuki area CFD.

“Jadi memang untuk memasuki area tersebut sudah disiapkan protokol kesehatan. Kalau enggak pakai masker itu tidak diperbolehkan masuk,” kata dia.

Pemkot Jakarta Pusat telah menyiapkan delapan titik di setiap kecamatan untuk menjadi lokasi alternatif pelaksanaan CFD.

Lokasi BKB – CFD tersebut adalah:

  1. Jalan Suryopranoto (Kecamatan Gambir)
  2. Jalan Pejagalan Raya (Kecamatan Sawah Besar)
  3. Jalan Paseban Raya (Kecamata Senen)
  4. Jalan Zamrud (Kecamatan Kemayoran)
  5. Jalan Pramuka Sari (Cempaka Putih)
  6. Jalan Taman Amir Hamzah (Kecamatan Menteng)
  7. Jalan Percetakan Negara II (Kecamatan Johar Baru)
  8. Jalan Danau Tondano (Kecamatan Tanah Abang)

(Nanorame)

About the Author /

Pimpinan Perusahaan SketsIndo Juni 2016.