Pemko Jakarta Pusat Lakukan Tanggap Bencana, Donasi dan Awasi Rumah Pompa

Jakarta, sketsindonews – Sesuai dengan Surat Edaran Sekda DKI Jakarta Saefullah tertanggal 3 Januari 2020 Tentang Donasi Bencana Alam penanggulangan banjir dan tanggap bencana Pemprov DKI berharap peran serta ASN SKPD, UKPD, Unit terkait untuk menciptakan kepedulian para korban dampak banjir.

Pemerintah Kota Jakarta Pusat melalui Sekretari Kota Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin menjelaskan, pihaknya sejak surat edaran di terbitkan pihaknya telah melakukan donasi oleh ASN saat rapim Tingkat Kota melalui kerelaaan para Lurah, Camat dan SKPD dalam kehadiran dalam rapim sebelumnya.

“Dana itu terkumpul saat itu kisaran 5,5 juta rupiah dikordinir langsung pihak Korpri Jakarta Pusat untuk di sumbangkan keposko bencana Walikota Jakarta Pusat,” paparnya, Jumat (10/01/20).

Posko bencana Tingkat Kota berada di lantai dasar ( bawah) merupakan salah satu central komunikasi saat ini dengan menjalankan fungsi piket banjir peran SKPD selain terus melayani donasi serta mendistribusikan berbagai kebutuhan tanggap bencana sewaktu diperlukan.

Untuk wilayah Kota Jakarta Pusat secara umum sangat aman dan terkendali terkait banjir, pasca rekontruksi sudah kami lakukan dengan semua pihak (instansi) memperbaiki lingkungan terkena dampak.

“Saat ini pemko telah mengintruksikan para Camat Lurah selain keberadaan posko serta pengawasan antisipasi Early Warning System dan Dataran Rendah untuk secara diteksi dini dilakaukan secara rutin untuk selalu di laporkan dalam posko gabungan,” tukasnya .

Kondisi Jakarta Pusat dalam genangan hanya beberapa wilayah untuk menjadi atensi antara lain Petamburan, Pasar Baru Gereja Ayam, Kawasan Cempaka Putih (Sekneg), Mangga Dua Selatan serta beberapa pompa air di beberapa under pass.

“Seluruh Underpas yang terdapat pompa air juga harus dilakukan pengecekan petugas Bina Marga (BM). Pastikan alat pompa air berfungsi dengan baik berikut solarnya jangan sampai kosong sehingga begitu hujan deras rumah pompa air sudah bisa di fungsikan,” ucap Iqbal.

(Nanorame)