Home / Artikel / Perhelatan Asian Games 2018 Bisa Angkat Promosi Batik Betawi

Perhelatan Asian Games 2018 Bisa Angkat Promosi Batik Betawi

Jakarta, sketsindonews – Wali Kota Jakarta Pusat, Mangara Pardede menuturkan pihaknya akan mendorong pegiat UMKM jelang perhelatan akbar internasional Asian Games 2018 yang akan berlangsung pada bulan Agustus mendatang.

Hal itu disampaikannya saat meresmikan gerai Batik khas Betawi bersama Dekranasda DKI Jakarta di Thamrin City, Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada Kamis (18/1).

“Kami juga akan mendorong untuk memproduksi souvenir khas-khas betawi. Harganya pun murah-murah, seperti patung kepala ondel-ondel dari tembaga. Itu kan khas ikon Jakarta. Jadi nanti bisa dipersiapkan untuk Asian Games 2018 nanti,” ujar Mangara.

Tak hanya souvenir, ia pun juga akan memperkenalkan batik khas Betawi kepada dunia internasional saat ajang Asian Games 2018 mendatang. Mangara menyatakan batik khas Betawi memiliki perbedaan dalam bentuk motif dan makna yang terkandung.

“Batik betawi ini mempunyai ciri khas di motifnya yang berbeda dengan batik biasa. Motifnya menggali ikon-ikon Betawi. Seperti gambar Monas, ondel-ondel dan Pasar Baru,”

Harapan saya batik betawi nantinya bisa dikenal lebih luas oleh masyarakat. Kemudian dari perkembangan usaha nantinya para pengrajinnya bisa kami bina sehingga bisa jadi pengusaha yang mandiri,” katanya.

Pihaknya akan mengusulkan agar gerai Dekranasda DKI Jakarta juga terkoneksi dengan program Oke Oce agar lebih memudahkan dalam hal promosi barang-barang khas Jakarta yang diproduksi oleh pegiat UMKM.

Gerai milik Dekranasda DKI Jakarta akan dievaluasi oleh pihak Pemkot Jakpus setelah Lebaran 2018. Hal itu untuk melihat grafik penjualannya dimana kedepannya para pengusaha bisa mandiri dalam peningkatan usaha.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah serta Perdagangan (KUKMP) Jakarta Pusat, Bangun Richard menyambut baik dibukanya gerai Dekranasda DKI Jakarta lantaran biasanya Dekranasda hanya ditempatkan di kantor-kantor kecamatan saja.

“Ini tentu sebuah langkah yang baik karena pengrajin batiknya juga merupakan binaan kami. Biasanya mereka buka gerai di kantor-kantor kecamatan hanya pada even saja kata Richard.

reporter : nanorame

Check Also

Peluru Nyasar “Latihan Nembak” Nyaris Mengenai Staff Ahli Anggota DPR RI

Jakarta, sketsindonews – Peristiwa peluru nyasar ke Gedung DPR diruang Wenny Warouw Anggota Komisi III …

Watch Dragon ball super