Home / Berita / Pemprov Kepri Perketat Perjalanan Antar Pulau

Pemprov Kepri Perketat Perjalanan Antar Pulau

Tanjungpinang, sketsindonews – Pemprov Kepri akan memperketat dan memberlakukan syarat tes antigen dan Genose bagi pelaku perjalanan antar pulau dalam Provinsi Kepri.

TS Arif Fadillah sebagai Ketua Harian Tim Gugus Tugas Pengendalian dan Penanganan Covid-19 kepri mengatakan, aturan ini mulai berlaku mulai Tanggal 6 -17 Mei mendatang.

“Jadi mulai tanggal 6 sampai 17 Mei nanti semua penumpang perjalanan di wilayah Kepri kita minta memakai (melakukan tes) antigen atau GeNose,” kata Arif di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Senin (26/4/21).

Arif juga mengatakan, langkah itu dilakukan sebagai upaya untuk menekan penyebaran Covid-19 di Provinsi Kepri. Apalagi saat ini terjadi peningkatan kasus.

Untuk merealisasikan kebijakan itu, pihaknya sudah meminta PT Pelindo bekerjasama dengan Kimia Farma.

“Dalam waktu dekat kita akan buat edaran untuk aturan ini (penerapan antigen dan GeNose). Untuk saat ini edaran lama masih berlaku. Kebijakan ini kita buat karena kondisi kasus Covid-19 yang semakin meningkat,” tuturnya.

Belum lama ini Gubernur Kepri, Ansar Ahmad menerbitkan Surat Edaran Nomor : 454/SET-STC19/IV/2021 Tentang ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri dan Internasional Dengan Menggunakan Moda Transportasi Umum Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Provinsi Kepulauan Riau.

Salah satu poin nya berbunyi, khusus bagi PPDN yang menggunakan moda transportasi laut dengan durasi perjalanan di atas empat jam perjalanan, wajib melengkapi diri dengan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3×24 jam atau non-reaktif.

Atau Rapid Test Antibody/Antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2×24 jam atau mendapatkan hasil negatif Covid-19 pada pengujian GeNose C-19 di pelabuhan sebelum keberangkatan.

(Ian)

Check Also

Tegur Orang Mabuk, Beberapa Petugas PJLP UPK Badan Air Babak Belur

Jakarta, sketsindonews – Beberapa petugas Keamanan Penyedia Jasa Lainnya Orang Perorangan (PJLP) UPK Badan Air …

Watch Dragon ball super