Pengadilan Jakarta Pusat Adili Kivlan Zein dan Habil Marati

Jakarta, sketsindonews- Sidang perdana Mayjen (Purn) Kivlan Zen terkait kasus dugaan kepemilikan senjata api ilegal, digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa (10/9) siang.

Kivlan Zen hadir di persidangan dengan menggunakan kursi roda. Dan mengenakan kemeja abu-abu serta jaket berwarna hitam. Ia juga membawa sebuah tas ransel berwarna hitam.

Petugas pengadilan pun nampak sigap membantu Kivlan untuk membawanya masuk ke ruang peradilan.

Sebelumnya, Kuasa Hukum Kivlan Zen, Tonin Tachta mengatakan, kliennya dalam kondisi kurang sehat sehingga perlu menggunakan kursi roda untuk menuju ruang persidangan.

Habil Marati saat di wawancarai media di PN JP

“Beliau kurang sehat, akan hadir pakai kursi roda. Karena enggak kuat lagi jalan, jatuh, sakit komplikasi,” ujar Tonin di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Sidang perdana Kivlan Zen dengan agenda pembacaan dakwaan berlangsung di ruang sidang Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Adapun sidang ini merupakan proses hukum lanjutan atas kasus dugaan kepemilikan senjata api.

Seperti diketahui, kasus dugaan kepemilikan senjata api yang menjerat Kivlan berkaitan dengan penetapan enam tersangka yang diduga menunggangi aksi unjuk rasa menolak hasil Pilpres 2019, di Jakarta, pada 21-22 Mei 2019. Enam orang yang sudah ditetapkan sebagai tersangka, yakni HK, AZ, IR, TJ, AD, dan AF. Salah satu tersangka merupakan supir paruh waktu Kivlan.

Adapun Kivlan ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Guntur.

Sementara itu di ruang sidang yang sama, Habil Marati turut diadili dengan agenda pembacaan dakwaan. Sayangnya majelis hakim menunda persidangan lantaran Habil Marati belum didampingi kuasa hukum.

Sofyan Hadi