Home / Berita / Pengeroyokan PRT, Riesqi: Jaksa Lakukan Tugas Pengacara
Riesqi Rahmadiansyah (Kuasa hukum) saat memberi keterangan terhadap media usai persidangan, di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa (08/8). (Dok. sketsindonews.com)

Pengeroyokan PRT, Riesqi: Jaksa Lakukan Tugas Pengacara

Jakarta, sketsindonews – Perwakilan Advokat Pro Rakyat, Riesqi Rahmadiansyah sayangkan sikap Jaksa Penuntut Umum (JPU), Wisnu, S.H yang menuntut pelaku pengeroyokan dengan korban Suprihatin, 3 bulan penjara, pada sidang dengan agenda tuntutan, di Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim), Selasa (06/2).

Sebagai informasi, Suprihatin yang pekerjaannya sebagai Pembantu Rumah Tangga (PRT) mendapat tindak kekerasan dari mantan majikannya Hj. Murni Nur bersama menantunya Agus Setiawan.

Peristiwa itu terjadi pada bulan Suci Ramadhan tahun lalu di kediaman majikan Suprihatin yang baru.

Menurut Risqie tuntutan yang disampaikan oleh JPU seperti pledoi (pembelaan) yang seharusnya diutarakan oleh seorang pengacara. “Lebih banyak hal yang meringankan daripada memberatkan,” katanya.

Dia menambahkan, “Kita lihat kunci pasal 170 ancaman minimal 5 tahun 6 bulan untuk yang luka-luka, tapi kalau turun ke 3 bulan itu sangat jauh dan tidak sampai 10 persennya, inikan jadi lucu.”

Lebih jauh, Riesqi juga merasa ganjil terkait pernyataan yang menyatakan hanya terjadi pemukulan sekali. Karena, kata Riesqi dari foto yang pernah dilampirkannya terlihat jelas ada luka lebam dan itu bukan dipukul sekali.

“Apakah ini ada indikasi- indikasi ” Dark Justice”? Apakah Jaksa adalah murni wakil dari korban,” ujarnya.

Terlebih menurut Riesqi, bahwa perspektif Jaksa itu tidak boleh Perspektif terdakwa, karena terdakwa persfektif di wakili kuasa hukum. “Dan korban di sini seperti berjalan sendiri,” katanya.

Riesqi menegaskan bahwa dalam persidangan ini, jaksa tidak menjadi perspektif di korban namun perspektif menggali terdakwa. “Jaksa sudah melanggar kode etiknya, di sini Jaksa sudah melakukan tugas pengacara bukan tugas seorang Jaksa,” kata Riesqi.

“Kemungkinan, kami akan meminta Jamwas untuk memeriksa Jaksa, apakah Dark Justice tersebut ada dalam perkara ini,” tegas Riesqi.

Tidak hanya itu, dia juga menambahkan bahwa saat ini, Komnas Perempuan juga telah memberikan surat kepada Majelis Hakim untuk berposisi netral dalam perkara tersebut.

“Dalam artian, memutus secara sebenar-benarnya secara perspektif perempuan,” tutupnya.

(Eky)

Check Also

Rico di Jerusalem : Doa Masyarakat Jordan Untuk Prabowo Menjadi Presiden RI

Jakarta, sketsindonews – Sosok Prabowo Subianto di mata publik Jordania terutama masyarakat muslim sangat familiar dengan calon presiden (Capres) Prabowo Subianto. Karena Prabowo pernah tinggal di Negara Jordania cukup lama sehingga mereka tak asing, apalagi terdengar Prabowo Subianto di harapkan menjadi Presiden Republik Imdonesia.

Mereka mendoakan agar Prabowo-Sandiaga Uno terpilih memimpin Indonesia dengan damai, beradab untuk majunya bangsa-bangsa di dunia.

Hal ini diungkapkan Ketua Aliansi Masyarakat Jakarta (Amarta) M Rico Sinaga saat ini berada di Jordania dalam rangka melakukan perjalanan wisata religius ke Jerusalem.

rico.sinaga.jerusalem.teligius.doc 

Doa warga negeri Jordania dengan mayoritas muslim yang sangat kaya minyak bumi untuk pasangan Prabowo-Sandi sangat berharap menjadi pemimpin di Indonesia.

“Masyarakat Jordania sangat familiar dengan Prabowo Subianto. Mereka mendoakan agar Prabowo- Sandi menang dalam Pilpres 2019 nanti. Masyarakat Jordan tahu Prabowo sedang maju ke dua kalinya menjadi capres,” katanya. (23/9)

Rico juga menyampaikan selamat kepada Prabowo-Sandi atas hasil pengundian oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Jumat (21/9/2018 ) malam, di mana duet ini menempati nomor urut 2.

“Selamat kepada pasangan Prabowo-Sandi mendapat nomor 2″.

Itu dua jari victory Kemenangan. Saya berbincang-bincang dengan beberapa lapisan masyarakat di Jordan negara Islam ini, saya senyum-senyum, mereka familiar dengan nama Prabowo,” ucap Rico melalui pesan WhatsApp kepada sketsindonews.com.

reporter : nanorame

Terkait

Watch Dragon ball super