Home / Artikel / Perempuan Terancam Dari Konflik Politik

Perempuan Terancam Dari Konflik Politik

Jakarta,sketsindonews – Pengalaman sejarah kekerasan perempuan dalam perubahan politik di Indonesia, dimulai sejak tahun 1965 dan mengalami puncaknya pada bulan mei 1998,  dimana sejumlah perempuan etnis Tionghoa menjadi korban perkosaan. Kekerasan terhadap perempuan, terjadi di setiap perubahan dan konflik politik yang terjadi di Indonesia. Diawali dengan ujaran-ujaran yang mendiskriminasi dan seksis terhadap perempuan serta ancaman kekerasan yang menyasar tubuh dan seksualitas perempuan. (18-04-2017)

 

Akhir-akhir ini, terkait proses kampanye Pemilihan Kepala Daerah-Daerah Khusus Ibukota Jakarta, kami menyaksikan dan mengamati munculnya ujaran-ujaran kebencian dan ancaman kekerasan terhadap perempuan utamanya di media sosial. Pada tanggal 14 Maret kami mendapati postingan Sdra.Dwi Ardika yang di antaranya berbunyi:

“Intinya yang dukung Ahok tu goblok dan gak bermoral halal darahnya dibunuh dan “halal juga kalau wanita diperkosa rame-rame” (copas kutipan dari halaman FB)

Menurut Helga Worotitjan, ujaran di atas secara jelas menyatakan bahwa “wanita halal diperkosa rame-rame”, telah menimbulkan rasa takut di kalangan masyarakat, khususnya perempuan.

Pemerkosaan adalah serangan seksual  yang ditujukan pada bagian tubuh dan seksualitas perempuan, yang mengakibatkan kehancuran dan integritas  tubuh perempuan. Bertujuan untuk menimbulkan rasa takut, mempermalukan, merendahkan dan melukai masyarakat. Dalam konteks konflik, perkosaan digunakan sebagai alat untuk menaklukan, menghukum dan alat teror serta “pesan politik” untuk melemahkan pihak lawan, ujarnya.

Mengingat resiko dan efek berkepanjangan yang ditimbulkan, bersama ini kami sengaja mengajak  pelaporkan mengenai tindak pidana ujaran kebencian dan kekerasan terhadap perempuan yang nantinya sangat berefek pada kaum hawa yang merasa terintimidasi oleh dampak pilgub DKI, tutup Helga.

reporter : nanorame

 

Check Also

JMU Yang handal Jamin Keberlangsungan Alutsista TNI AU

Yogyakarta, sketsindonews – Komandan Lanud Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Ir. Tedi Rizalihadi S, M.M. membuka …

Watch Dragon ball super