Home / Berita / Peringatan Hari Lahir Pancasila Di Makohanudnas
Pangkohanudnas Marsda TNI Imran Baidirus,S.E., dan pasukan upacara melaksanakan penghormatan saat pengibaran bendera merah putih dalam upacara peringatan Hari lahir Pancasila ke-73 di lapangan apel Makohanudnas, Halim Perdanakusuma Jakarta, Jumat (1/6). (Foto : Pen Kohanudnas.)

Peringatan Hari Lahir Pancasila Di Makohanudnas

Jakarta, sketsindonews – Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional (Pangkohanudnas) Marsda TNI Imran Baidirus,S.E., bertindak sebagai Inspektur Upacara pada peringatan Hari Lahir Pancasila ke-73 Tahun 2018 di Markas Kohanudnas, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (1/6).

Upacara dilaksanakan di lapangan apel, dihadiri Kaskohanudnas Marsma TNI Arif Mustofa, Pangkosekhanudnas I Marsma TNI Surya Chandra Siahaan, para pejabat Markas Kohanudnas dan Kosekhanudnas I serta diikuti anggota Markas Kohanudnas dan Kosekhanudnas I.

Pangkohanudnas membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo. Presiden antara lain menyampaikan, “Peringatan Hari Lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni ini harus kita manfaatkan sebagai momen pengingat, momen pemacu dan momen aktualisasi nilai-nilai Pancasila. Marilah kita terus amalkan warisan mulia para founding fathers ini untuk kemajuan bangsa, dan sekaligus juga menjadi sumbangsih Indonesia kepada masyarakat dunia.”

“Sungguh Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita, melalui perenungan, pergulatan dan pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia. Pancasila pertama kali diuraikan oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945, kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945,” tegas presiden.

Pada akhirnya Presiden mengajak para ulama dan tokoh agama, para guru dan ustad, para politisi dan jajaran aparat pemerintahan, para anggota TNI dan Polri, para pekerja dan pelaku ekonomi serta seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam keseharian kita.

Semangat bersatu dan berprestasi akan meneguhkan derap langkah kita dalam membawa Indonesia menuju negara maju dan jaya.

Upacara berlangsung khitmad, dengan rangkaian acara pengibaran bendera, pembacaan teks Pancasila, pembacaan teks Pembukaan Undang-undang Dasar 1945, pembacaan amanat,  menyanyikan lagu wajib nasional “Garuda Pancasila” serta diakhiri dengan doa. Bertindak selaku Komandan Upacara Letkol Sus Muhtar, S.Pd., Panbandya Pam Sintel Kaskohanudnas.

(Eky)

Check Also

Buntut Pembobolan Bank 50 Miliar, Bank Mandiri Kemungkinan Akan Digugat

Jakarta, sketsindonews – Pengadilan Negeri Jakarta Barat (PN Jakbar) kembali mengggelar sidang Praperadilan yang diajukan …

Watch Dragon ball super