Home / Artikel / Pertuni Fokuskan Sosialisakan E Pub di Kota – Kota Besar

Pertuni Fokuskan Sosialisakan E Pub di Kota – Kota Besar

Jakarta, sketsindonews – Menyadari luasnya wilayah Indonesia, Sosialisasi dan pelatihan Penggunaan Buku epub untuk Tunanetra ini dipusatkan di beberapa kota di Indonesia, yang diikuti oleh tunanetra pengurus dan anggota Pertuni yang berada di kawasan sekitar kota/propinsi tersebut.

Pembagian wilayah diputuskan berdasarkan estimasi banyaknya tunanetra pengguna internet. Setelah diresmikan oleh Menkominfo RI, Bapak Rudiantara, di UPI, Bandung pada bulan Januari 2017, rangkaian sosialisasi dan pelatihan berlanjut ke Yogyakarta, Malang, dan Medan.

Untuk itu Petuni berharap pemerintah untuk concern terhadap dalam membantu sosialisasi E Pub, di berbagai kota besar yang telah kami canangkan. Dengan demikian target pertuni dapat tercapai dalam aplikasi digital bagi minat baca yang begitu sangat luar biasa melalui ponsel pintar, jelas Tri (23/01)

Dari hasil sosialisasi dan pelatihan sepanjang tahun 2017 tersebut, telah terdaftar 683 akun pengguna Pustaka Mitra Netra. Melihat antusiasme peserta di kota-kota sebelumnya, maka pada tahun 2018 tim Sosialisasi dan Pelatihan Penggunaan Buku Epub untuk Tunanetra juga akan menyambangi Denpasar, Banjarmasin dan Manado.

Untuk Propinsi Bali, peserta yang telah mendaftar berjumlah 72 orang tunanetra yang berdomisili di Denpasar dan sekitarnya, serta merupakan pengguna telepon pintar dan komputer bicara, ujar Tri Bagio, Koordinator Sosialisasi dan Pelatihan, sekaligus Ketua III DPP Pertuni.

Mengingat singkatnya waktu penyelenggaraan kegiatan sosialisasi dan pelatihan penggunaan buku e-pub, Pertuni memandang perlu untuk terlebih dahulu melatih 11 tunanetra asal Denpasar, yang diharapkan setelah pelatihan dapat menjadi mentor bagi peserta pelatihan yang masih memerlukan bimbingan/ pendampingan dalam menggunakan buku e-pub.

TOT akan diselenggarakan pada tanggal 26 Januari 2018, pukul 14.00 sampai 17.00, bertempat di Sekretariat DPD Pertuni Bali. Peserta TOT dipilih atas rekomendasi dari Pertuni daerah/Pertuni Cabang setempat.

Adapun peserta TOT yang dipilih harus memenuhi syarat sebagai tunanetra yang mahir menggunakan telepon pintar dan komputer bicara, dan bersedia menjadi mentor bagi sesama tunanetra lainnya.

Secara garis besar, rangkaian acara akan dibagi ke dalam dua macam kegiatan. Pembukaan Sosialisasi dan Pelatihan Penggunaan Buku Epub diawali dengan Sambutan dari Ketua umum Pertuni-Aria Indrawati,

Natinya dalam acara sosialisasi hadir sambutan dari Ketua Yayasan Damandiri, Subiakto Tjakrawerdaja, dan Sambutan dari Rektor IHDN, Prof. Dr. Drs. I Gusti Ngurah Sudiana, M.Si, sekaligus membuka kegiatan sosialisasi dan pelatihan secara resmi.

Sesi pembukaan juga akan diisi dengan penandatanganan notakesepahaman antara Pertuni dengan IHDNsebagai bentuk kerjasama Pertuni dan IHDN untuk membentuk kampus inklusi.

Selanjutnya, 72 peserta akan dibagi dalam tiga kelompok, masing-masing didampingi oleh satu orang trainer dari Jakarta. Dalam pelatihan ini, 11 tunanetra yang telah mengikuti TOT di hari sebelumnya akan didistribusikan ke ketiga kelas tersebut. Sedangkan, materi yang akan disampaikan dalam sosialisasi dan pelatihan, yaitu cara menggunakan Perpustakaan Online buku e-pub, serta cara membaca buku e-pub dengan menggunakan laptop atau smart phone.

Dengan kehadiran Perpustakaan buku elektronik E-Pub ini diharapkan tunanetra akan memiliki pilihan baru dalam membaca buku, sehingga mempermudah mereka untuk memperoleh bahan bacaan dan referensi yang dibutuhkan.

Dengan apa yang disampaikan melalui sosialisasi dan pelatihan tersebut, Peserta dapat mengajak tunanetra lainnya untuk bergabung menjadi anggota perpustakaan online buku e-pub termasuk para tunaenetra yang sedang berwirausaha.

Dengan demikian, semakin banyak tunanetra yang mengetahui keberadaan perpustakaan buku E-Pub serta dapat memanfaatkannya dalam kehidupan sehari-hari, jelas Tri

reporter : nanorame

 

Check Also

Cimanuk Normal, Petani Indramayu Lega

Indramayu, sketsindonews – Petani di Kabupaten Indramayu boleh kembali lega, pasalnya Kementerian Pertanian lewat tim …

Watch Dragon ball super