Back

Media Terpercaya

PKL Garuda Kemayoran Kuasai Trotoar, Tak Pernah Peduli Terhadap Lingkungan

Jakarta, sketsindonews – PKL jalan Garuda Kota Jakarta Pusat yang meliputi 2 wilayah Kelurahan Gunung Sahari Selatan dan Kelurahan Kemayoran perlu di tinjau ulang untuk tak lagi operasi oleh pemkot.

Sebagian besar PKL tersebut hingga saat ini kuasai penuh fasum fasos trotoar miik Bina Marga hingga warga pejalan kaki tak diberi nafas jalan terlebih bukan binaan UMKM DKI Jakarta.

Salah satu warga Rini (34) mengatakan, PKL tersebut bukan lagi JP dari pemkot, itu sudah dicabut hasil evaluasi pemerintah.

“Tapi kenapa hingga saat ini masih operasi, tanyanya. Keberadaan PKL Garuda sisi kiri kanan telah merusak trotoar menjadi kumuh dan tak pernah pula ada peduli dari para pedagang untuk membersihkan sisa lemak bahkan pengerukan saluran air secara partisipatif menjaga estetika kawasan,” umpat Rini, Senin (8/6/20).

Aktifis lingkungan Joko Sardjono justru berbalik tanya kepada pemerintah terkait PKL Garuda terus diperbolehkan kuasai trotoar hingga dini hari, padahal itu bukan binaan.

Sikapi dong 2 wilayah itu baik Kelurahan GSS dan Kemayoran untuk bahan apa yang harus dilakukan terhadap fungsi fasum fasos di kuasai PKL kelas menengah.

Lanjut Joko, Kasatpol PP Provinsi DKI Jakarta Arifin saat PSBB pernah meninjau lokasi PKL Garuda dimana seluruh kawasan trotoar tak ada ruang untuk pejalan kaki.

Dia pun menyayangkan kondisi perawatan oleh para PKL tak mampu berjalan justru pemda selalu kerjakan perbaikan baik sarana troroar maupun saluran.

Ia kuatir ada oknum bermain dilingkup PKL Garuda sehingga evaluasi pencabutan JP tidak ditindak lanjuti oleh pengambil keputusan di tingkat lingkungan.

(Nanorame)

About the Author /

Pimpinan Perusahaan SketsIndo Juni 2016.