Back

Media Terpercaya

Polisi Sindir BPBD, Absen Ikut Patroli Covid-19 di Sumenep

Sumenep, sketsindonews – Kepolisian Resort Sumenep menyindir kinerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) akibat absen dari kegiatan patroli gabungan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19. 

Patroli Covid-19 tersebut digelar setiap malam hari, menyisir sejumlah titik kota, memantau aktivitas masyarakat, utamanya para komunitas motor yang sering ditemukan nongkrong di pinggir jalan. 

Wakapolres Sumenep Kompol Andi Febrianto mengatakan, selain polisi, patroli diikuti aparat TNI dan Satpol PP, kecuali BPBD yang absen dari kegiatan siaga tersebut. 

“Hanya ada salah satu tim yang diketahui menjadi leading sektor ataupun pemegang anggaran penanganan Covid-19 ini belum ikut serta, yakni BPBD,” kata Kompol Andi kepada awak media, Sabtu (9/5/20) malam. 

Menurut Andi, seharusnya BPBD ada dalam giat operasi tersebut. Sebab di tengah kegiatan, diperlukan kebutuhan peralatan dalam penanganan Covid-19, salah satunya adalah masker. 

“BPBD kan yang punya masker, mereka yang punya alat, dan punya anggaran. Tapi tidak muncul dalam kegiatan patroli gabungan ini. Setidaknya dengan ketersediaan masker dapat mengantisipasi orang tanpa gejala (OTG),” kata dia.

Sementara itu, Kepala BPBD Sumenep Abd Rahman Riyadi membantah jika personel di bawah pimpinannya disebut sering tidak ikut serta dalam kegiatan siaga Covid-19.

“Dalam seminggu, kami full sudah bagi tugas ke beberapa posko yang tersebar di wilayah Sumenep, termasuk di Pemkab, Pragaan, Guluk-Guluk, dan Pasongsongan,” kata Abd Rahman melalui sambungan via telepon. 

Persoalan kegiatan patroli, Abd Rahman mengaku tidak bisa secara terus menerus ikut kegiatan polisi. Sebab personel BPBD masih terbatas. Padahal setiap wilayah di posko Covid-19, personel BPBD harus hadir setiap saat. 

“Kalau saya tidak dihubungi. Tidak tahu Kabid di bawah saya, mungkin dia yang menerima informasi kegiatan patroli polisi,” singkat Abd Rahman saat ditanya persoalan kegiatan patroli gabungan tersebut. 

(nru/pwk) 

About the Author /

Pimpinan Perusahaan SketsIndo Juni 2016.