Home / Artikel / Polrestro Jakarta Pusat Musnahkan Hasil Sitaan Miras Illegal

Polrestro Jakarta Pusat Musnahkan Hasil Sitaan Miras Illegal

Jakarta, sketsindonews – Jajaran Polrestro Jakarta Pusat memusnahkan 2700 botol minuman keras (miras) dimusnahkan dari berbagai merk termasuk 8 jerigen miras oplosan di Halaman Mapolrestro Jakpus Jalan Kramar Raya.

Ribuan botol miras tersebut disita dari 8 lokasi berbeda di wilayah Jakarta Pusat dari hasil operasi cipta kondisi selama kurun waktu 3 bulan.

“Pemusnahan ini disaksikan oleh Walikota Jakarta Pusat dan Kodim  0501. Miras disita dari 8 titik di Jalan Pramuka, Tanah Abang dan Johar Baru,” ungkap Kapolrestro Jakarta Pusat Kombes Pol Roma Hutajulu didampingi Walikota Jakarta Pusat Mangara Pardede.

muspiko.jp.musnahkan.miras.doc

Dari hasil operasi yang dilakukan petugas selama 3 bulan, kepolisian mengamankan dua orang tersangka berinisial PWT dan IBS. Kedua pelaku ditetapkan sebagai tersangka karena kedapatan meracik miras oplosan.

“Kedua pelaku mengoplos tidak sesuai dengan ketentuan, dimana air putih dioplos dengan alkohol dan sprite atau cocacola. Mereka memproduksi tanpa izin edar dan hasilnya terlihat seperti pabrikan,” tambah Kombes Roma.(9/4)

Operasi ini akan terus digencarkan pihaknya hingga bulan Ramadhan tiba. Operasi terhadap peredaran miras sengaja dilakukan guna mencegah korban tewas akibat mengkonsumsi miras oplosan seperti di wilayah Jaktim, Jaksel dan Depok beberapa hari lalu.

Selain maraknya oplosan yang bisa menimbulkan kematian bagi para pengguna minuman oplosan dan itu sudah banyak terjadi, tukas Mora.

“Kami akan berantas terus miras jelang Ramadhan. Jangan ada orang meninggal karena miras di Jakarta Pusat, Diharapkan kita harus bisah cegah ini bagi para remaja dan orang tua.”

Diketahui miras justru. menjadi pemicu tindakan kriminal dan tawuran. Alkohol itu pemicu. Pelaku tawuran yang pernah ditangkap pasti selalu bau alkohol,” tambahnya.

Sementara Walikota Jakarta Pusat Mangara Pardede menambahkan, dalam penanganan minuman beralkohol tanpa izin itu juga merupakan pengawasan pihaknya. “Kita (Pemkot Jakpus, red) berkolaborasi dengan Polrestro Jakpus melakukan operasi miras. Banyak tempat di Jakpus yang rawan peredaran miras. Setiap Satpol PP melakukan operasi selalu bersama pihak Polres Jakarta Pusat ,” terangnya

Sambung Mangara, para pelaku pengoplos miras dijerat Pasal 137 Sub pasal 142 UU RI No 18 Tahun 2012 tentang pangan, UU RI No 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen, PERMENDAG RI No. 20/M Dang/Per/4/2014 tentang pengendalian dan pengawasan terhadap pengadaan,  peredaran dan penjualan minuman beralkohol.

reporter : nanorame

Check Also

Viral !!!, Ibu Siksa Anak Batita, Ini Kata Erlinda

Jakarta, sketsindonews – Ketua Indonesia Child Protection Watch, Erlinda angkat bicara terkait video yang memperlihatkan perlakuan …

Watch Dragon ball super