Home / Berita / Posmat Jajaran Lantamal IV Bantu Evakuasi ABK Tag Boat Yang Tenggelam
Salah satu Pos Pemantau (Posmat) yang berada di jajaran Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV yakni Posmat Mentigi membantu melakukan evakuasi terhadap Anak Buah Kapal (ABK) TB. Charly

Posmat Jajaran Lantamal IV Bantu Evakuasi ABK Tag Boat Yang Tenggelam

Tanjungpinang, sketsindonews – Salah satu Pos Pemantau (Posmat) yang berada di jajaran Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV yakni Posmat Mentigi membantu melakukan evakuasi terhadap Anak Buah Kapal (ABK) TB. Charly yang tenggelam di Perairan Pulau Ngenang pada posisi 1 00 753 N – 104 11 857 E. Jumat (18/1).

Kejadian tersebut berawal ketika Posmat Mentigi menerima informasi dari TB. Berkat 3 bahwa telah terjadi kecelakaan laut terhadap TB. Charly mengakibatkan kapal tag boat tersebut tenggelam. Berdasarkan informasi tersebut Posmat Mentigi segera bergerak menuju lokasi tenggelamnya TB. Charly. 

Ketika sampai di lokasi kejadian terlihat Speed KPLP KN – 547 selanjutnya evakuasi dilakukan terhadap ABK TB. Charly yang berumlah 5 orang termasuk Nakhoda dari TB. Berkat 3 yang berhasil menyelamatkan ABK saat TB. Charly tenggelam. Selanjutnya kelima ABK tersebut dibawa ke Pangkalan KPLP Tanjung Uban.

Dari keterangan Nahkoda TB. Charly diketahui kapal Tag Boat tersebut berangkat dari Tanjung Uban tujuan Guntung (Pulau Burung), membawa muatan bio solar 250 ton milik PT. RSUP Pulau Burung dengan 5 orang ABK termasuk Nahkoda. Kapal tersebut tenggelam karena buritan kapal terlepas akibat dihantam ombak mengakibatkan air laut masuk dengan cepat sehingga kapal tersebut tenggelam dengan cepat. Beruntung tidak jauh dari posisi tenggelamnya kapal tersebut melitas TB. Berkat 3 dan langsung memberikan pertolongan kepada 5 ABK TB. Charly yang semuanya dalam keadaan selamat.

Selamjutnya hasil koordinasi Posmat Mentigi dengan Pasiops KPLP Tanjung Uban untuk 5 orang ABK TB. Charly yang selamat akan diserahkan kepada keagenan dalam hal ini PT. Cahaya Belawa Inhil Tembilahan.

(Fian)

Check Also

Gerindra: Impor Jagung Memang Turun Tapi Malah Impor Gandum Besar-Besaran

Jakarta, sketsindonews – Pernyataan Capres Joko Widodo dalam debat publik kedua kemarin tentang kesuksesannya menurunkan …

Watch Dragon ball super