Home / Berita / PT.RANGAU ABDINUSA Harus Bertanggung Jawab Atas Kasus illegal Loging

PT.RANGAU ABDINUSA Harus Bertanggung Jawab Atas Kasus illegal Loging

Jakarta, sketsindonews – Aliansi Mahasiswa Anti Praktek Illegal Loging, pada hari Jum’at (26/8) lakukan aksi di PT. Ranggau Abdinusa yang berada di wilayah Jatinegara, Jakarta Timur.

Koordinator Aksi Zhaky Alhamid, menjelaskan bahwa berdasarkan data serta keterangan atas laporan masyarakat desa Bratu dan desa Bakanon kec. Permata Intan kab. Murung ray, atas kegiatan oprasi PT.Rangau Abdinusa diduga kuat melakukan penebangan kayu larangan seperti kayu tengkawang, kayu jelutung dan pohon kayu ulin.

Zhaki mengungkapkan bahwa pelanggaran penebangan jenis pohon kayu yang dilarang tersebut terjadi di tahun 2015 sekitar 22 pohon tengkawang dan pohon kayu jelutung serta 8 pohon kayu ulin.

Mengacu pada peraturan pemerintah No.7 Tahun 1999. Tentang pengawasan jenis tumbuhan dan satwa yang terdapat 58 jenis tumbuhan yang di lindungi UU termasuk 13 jenis pohon kayu tangkawang .

Dan UU NO. 5 Tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistem, sebagai mana dimaksud didalam pasal 21 ayat(1)hurufa yang berbunyi:

”Barang siapa mengambil, menebang, memiliki, merusak, memusnahkan, memelihara, mengangkut dan memperniagakan tumbuhan yang dilindungi atau bagiannya dalam keadaan mati atau hidup”

“Maka dari itu PT.RANGAU ABDINUSA harus bertanggung jawab atas apa yang terjadi dilapangan karena telah merugikan negara secara meteril mupun nonmateril, dan kami sebagai mahasiswa, sebagai pemuda dan putra daerah (Murung Raya) KALIMANTAN TENGAH tidak terima atas apa yang di lakukan oleh PT.RANGAU ABDINUSA,” tegas Zhaky.

Adapun tuntutan yang diutarakan dalam aksi tersebut yakni Dirut PT.RANGAU ABDINUSA Segara Mundur DariJabatannya;

Tuntutan selanjutnya adalah mendesak Kabareskrim Mabes Polri Tangkap dan Penjarakan Dirut PT.RANGAU ABDINUSA

Serta meminta Kepada Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Segera Mencabut izin Operasi PT.Rangau Abdinusa. (Eky)

Check Also

Rumah Aspirasi Prabowo – Sandi, Sebagai Masukan Calon Presiden dan Wakil Presiden Pilihan Rakyat

Jakarta, sketsindonews – Rumah Aspirasi Prabowo – Sandi telah di bentuk di Jalan Cut Mutia No. 18 merupakan rumah aspirasi publik dalam menyampaikan segala persoalan kebangsaan, ini menjadi momentum strategis bagi kehidupan demokrasi masyarakat, ujar Pengamat Politik dan Kebijakan Publik Amir Hamzah, di Masjid Cut Mutia Jakarta Pusat. (24/9).

Menurutnya, masyarakat bisa langsung mengemukan pendapatnya kepada calon Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo – Sandi nantinya yang nantinya dapat di teruskan dalam segala aspek dinamika kebangsaan.

Saya sudah kemukakan kepada teman – teman pendukung bagaimana rumah aspirasi di manfaatkan secara baik, karena sangat sulit mengalahkan Prabowo – Sandi kecuali dengan kecurangan, terang Amir.

Lanjut Amir, setelah nantinya hasil pilpres 2019 kedua pasangan menjadi pemenang, ini sebuah pekerjaaan rumah bagi keduanya yakni : pertama menghadapi kedaulatan bangsa dengan Pancasila yang merupakan satu azas bangsa.

Kedua, menghadapi epidemi tirani minoritas, dimana krlompok mayoritas untuk tidak merasa kecil hati terhadap kesenjangan yang ada sehingga tirani minoritas bukan lagi menjadi hambatan.

Hal krusial lain mengenai isu bahaya laten komunis untuk menjadi isu penting dalam rangka proses adu domba untuk tidak menjadi persoalan bangsa kedepan dengan merivisi Tap MPRS No 25.Tahun 1966 Tentang Larangan organisasi gerakan PKI.

Ketiga, mengenai keseimbangan pembangunan antar wilayah baik Indonesia Barat dan Indonesia Timur dalam tata kelola pembangunan ini tentunya harus menjadi perhatian Prabowo – Sandiaga Uno.

Kalo tidak kerawanan disintegrasi bangsa akan terus menjadi indikator di setiap daerah wilayah Indonesia Timur.

Tentunya rumah aspirasi setelah pemenangan harus bisa menuangkan pokok – pokok pikiran sebagai landasan strategis nasional bagi keduanya setelah menjadi Presiden terpilih pilihan rakyat, pungkas Amir.

reporter : nanorame

Terkait

Watch Dragon ball super