Home / Berita / Pusat Budaya Indonesia, KBRI Dili Fasilitasi Ujian Saringan Masuk Fakultas Kedokteran USU

Pusat Budaya Indonesia, KBRI Dili Fasilitasi Ujian Saringan Masuk Fakultas Kedokteran USU

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Dili, Timor-Leste melalui Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) telah memfasilitasi pelaksanaan ujian saringan masuk calon mahasiswa Timor-Leste yang akan melanjutkan studi di Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (USU). Kegiatan yang dilaksanakan di Pusat Budaya Indonesia (PBI) Dili tersebut diikuti oleh delapan peserta yang berasal dari berbagai sekolah di Timor-Leste.

Fasilitasi ujian saringan masuk tersebut merupakan bentuk implementasi kerjasama antara Atdikbud dengan USU dalam rangka mendukung internasionalisasi perguruan tinggi Indonesia. “Fasilitasi seleksi masuk perguruan tinggi Indonesia merupakan bagian dari tugas dan fungsi Atdikbud dalam upaya mendukung internasionalisasi perguruan tinggi Indonesia, sebelumnya kami telah melakukan koordinasi dengan USU terkait pembukaan kelas kedokteran bagi mahasiswa Timor-Leste. Alhamdulillah tahun ini USU memberikan 5 kuota untuk fakultas kedokteran yang dapat diisi oleh mahasiswa Timor-Leste,” ungkap Ikhfan Haris disela-sela kegiatan, pada Selasa (1/8).

Lebih lanjut, Ikhfan menerangkan bahwa saat ini kebutuhan tenaga dokter di Timor-Leste sangat mendesak, mengingat tenaga dokter di keseluruhan Timor-Leste masih kurang dari 300 dokter, sementara Timor-Leste sendiri memiliki jumlah penduduk sebanyak 1,3 Juta jiwa.

Adapun materi yang diujikan dalam saringan masuk tersebut meliputi tes potensi skolastik, penalaran bahasa Indonesia, penalaran bahasa Inggris, serta penalaran bahasa matematika. Para peserta diberikan waktu selama 111 menit untuk menyelesaikan 84 butir soal jawaban berganda, ujian seleksi ini juga dipantau secara daring oleh tim dari USU. Mahasiswa tersebut nantinya akan menempuh pendidikan di Indonesia dengan menggunakan kata pengantar perkuliahan bahasa Indonesia.

Dari hasil seleksi tersebut, melalui Keputusan Rektor Universitas Sumatera Utara telah ditetapkan lima peserta yang dinyatakan lolos seleksi pada fakultas kedokteran USU. Adapun kelima peserta tersebut adalah Ana da Costa Pinto dari ESGC – Cosamar Distrik Manufahi, Marciano Aparicio da C. Belo dan Eugenia Carlos D. Paula dos Reis dari Colegio de St. Inacio de Loyola Distrik Liquica, Alarina A. Nascimento dari St. Madalena de Canossa Distrik Dili, dan Aurelia Martins dari ESG. Nino Conis Santana Distrik Ermera. (Red)

Check Also

Warnai Peringatan 100 Tahun Gontor, Resmikan Penulisan Mushaf Gontor

Dalam usia yang ke-100 tahun dalam hitungan hijriah, Gontor adakan Pembukaan Peringatan 100 Tahun Gontor. …

Watch Dragon ball super