Back

Media Terpercaya

Sebanyak 600 Warga DKI Ikuti Rapid Test Covid – 19 Oleh Relawan Indonesia Bersatu

Jakarta, sketsindonews – Aksi Relawan Indonesia Bersatu lawan Covid – 19 melaksanakan kegiatan pemeriksaan rapid test bagi warga Jakarta yang digelar di dua tempat  di gedung JCC Kemayoran dan Wisma Atlit, Rabu (22/4/20).

Sebanyak 600 orang telah lakukan test secara serentak oleh tim medis dibantu para  relawan dimulai tadi pagi hingga sore hari mulai awal registrasi hingga rapid test Covid – 19 yang diketahui secara langsung hasilnya.

Dalam penyusuran sketsindonews.com banyak registrasi yang tercatat untuk diteliti ulang pasalnya kertas pendaftaran disertai alamat dan nomor hand phone tercatat berbeda walaupun telah di catat oleh petugas registrasi.

“Hal ini bisa menjadi kesalahan data hasil rapid test karena inputisasi secara online akan terakumulasi hasil test bagi peserta bila dinyatakan positif hasil rapid test bisa salah alamat, walau diketahui nama benar adanya,” ujar Nanang (35)  seorang warga Tanjung Duren yang pernah bekerja di Negara Vitnam.

Dirinya mengaku selama ini negatif namun dirinya ikut jalani rapid test karena tidak tahu wabah corona ada atau tidak selain dirinya kuatir OTG (Orang Tanpa Gejala) padahal positif Covid – 19.

Sketsindonews.com sempat menemui data petugas untuk perbaikan dan mengkoreksi kembali untuk memperbaiki hasil registrasi awal terhadap salah input bagi para calon ikuti rapid test Covid – 19.

Sebelum kegiatan rapid test peserta harus ikuti berapa aturan mulai jarak hingga pemberian disenfektan dalam room box, selain akhir  diambil test darah oleh tim medis dengan sebuah alat sampling darah diteteskan dengna hanya sekitar 2 menit terlihat tanda terlihat.

Menurut sumber Tim medis akurasi rapid test hanya kisaran 80% tingkat kebenaran dengan melihat tanda strip satu merah artinya negatif.

Begitu pula tak ada tanda maka rapid test dilakukan kembali secara ulang terhadap pasien untuk melihat hasilnya.

“Jikalau tanda strip dua maka pasien dinyatakan positif Covid untuk dilakukan beberapa test lanjutan secara spesifik bahkan bisa dalam masuk ODP,” tukasnya.

Dalam kegiatan ini pihak relawan Indonesia bersatu juga memberikan bingkisan sembako bagi para pasien yang telah diperiksa dalam rapid test untuk membantu akibat dampak covid – 19.

(Nanorame)

About the Author /

Pimpinan Perusahaan SketsIndo Juni 2016.