Sedimentasi Waduk Pluit Oleh Pemprov DKI Terus Dilakukan Pemeliharaan

oleh
oleh
banner 970x250

Jakarta, sketsindonews – Kondisi Waduk Pluit yang terletak di wilayah Penjarjngan Jakarta Utara terus alami sedimentasi (pedangkalan) akibat penumpukan lumpur yang terus meningkat.

Waduk Pluit merupakan bagian kecil dari seluruh luasan waduk. Dengan luas 80 hektar, sekitar sepertiga waduk mengalami pendangkalan. Namun pendangkalan yang memperlihatkan sedimen ke permukaan Waduk Pluit itu akibat kondisi permukaan air mengalami penurunan dari kedalaman maksimal yang mampu ditampungnya. 

banner 300x600

Menurut Asisten Sekretaris Daerah Bidang Pembangunan dan Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Yusmada Faizal, saat meninjau lokasi Waduk Pluit menjelaskan, kondisi cuaca di DKI Jakarta beberapa hari belakangan yang diguyur hujan gerimis dan cuaca mendung, membuat Waduk Pluit harus segera dikosongkan sampai dengan air dalam kondisi Low Water Level. 

Dengan melakukan pengerukan hingga tingkat Low Water Level ini diharapkan Waduk Pluit dalam kondisi siap untuk menampung air ketika hujan datang maupun kiriman aliran sungai dari hulu, ungkapnya.(10/6)

Proses pengerukan inilah yang akhirnya memperlihatkan endapan lumpur di sebagian wilayah Waduk Pluit.

“Terlihat kelihatan sedimennya itu sekitar sepertiga waduk. Yang lainnya sudah dikerjakan, sudah tebal airnya (dibandingkan sedimen),” ujar Yusmada lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.