Back

Media Terpercaya

Seko Iqbal A : Harkat Martabat Ondel – Ondel Seni Budaya Betawi Perlu di Tingkatkan

Jakarta, sketsindonews – Banyak pojok jalanan pengamen ondel – ondel telah masuk kisi masyarakat sehingga nilai Betawi sebenarnya menjadi potensi bagi para seniman muda dalam mengembangkan nilai kultur.

Namun karena tidak ada pembinaan serius pemerintah Provinsi DKI Jakarta sehingga terkesan seni betawi menjadi terkesan tak ada penyaluran potensi untuk setara dengan pengamen jalanan kekinian lebih bonafit.

Soal ini sempat disinggung Sekretaris Walikota Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin di sela membuka Musrenbang di Kecamatan Cempaka Putih beberapa waktu lalu dilantai IV Kantor Kecamatan Cempaka Putih, Kamis (13/02/20).

Ia terus mengamati nilai futuristik budaya betawi bisa di optimalkan dalam menggali pemberdayaan seni dan ekonomi bila dibina secara serius untuk lebih berestetika, terutama penyaluran bakat bagi warga betawi itu sendiri.

“Kami melihat mereka menjadi kurang berbobot dalam cara “ngamen” karena tidak diimbangi dengan professional bagaimana mereka menjadi liar bahkan menganggu ketertiban lingkungan,” ucapnya menyayangkan.

Kalo dibina dan disalurkan sebagaimana mestinya harkat mereka akan meningkat sesuai Peraturan Perda Kebudayaan Betawi untuk menjadi pernik ikonik dalam segala sudut Jakarta.

“Itu bisa di Hotel, di jalan wisata kuliner bahkan dibahu jalan trotoar menjadi tontonan publik untuk lebih menikmati tontonan budaya Jakarta,” terang Iqbal.

Mentenggarai sentilan Iqbal sebaliknya menjadi pemicu SKPD terkait terlebih Suku Dinas Kebudayaan Jakarta Pusat untuk membuat satu program dalam perencanaan musrenbang non fisik untuk dikembangkan secara berkelanjutan.

Kepala Kasudin Kebudayaan Kota Jakarta Pusat Mohammad Nurdin mengatakan, dirinya bakal merespon arahan dan keinginan Sekretaris Kota (Seko) Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin dalam mengembangkan dan memberdayakan potensi wilayah seperti menggelorakan kesenian budaya Ondel-ondel.

“Untuk para pengamen Ondel-ondel akan ditertibkan terlebih dahulu bersama Satpol PP. Selanjutnya, mereka akan didata lalu dibina dengan pelatihan dan keterampilan seni budaya,” ujarnya.

“Bentuk pelatihan dan keterampilan yang akan kami latih misalnya dengan cara bagaimana membuat patung Ondel-ondel yang sebenarnya,” ungkap Nurdin.

Sedangkan pelatihan kesenian musik, kata Nurdin, Sudin Kebudayaan akan melatih mereka dengan kesenian musik Gambang Kromong, Tanjidor dan Tarian Betawi. Dengan begitu, mereka bisa memiliki keterampilan kesenian budaya betawi.

“Pelatihan untuk mereka nanti diarahkan di Pusat Pelatihan Seni Budaya (PPSB) milik Sudin Kebudayaan Jakarta Pusat di kawasan Jalan KH. Mas Mansyur Tanah Abang,” terang Nurdin.

(Nanorame)

About the Author /

Pimpinan Perusahaan SketsIndo Juni 2016.