Back

Media Terpercaya

Sekolah Tak Diliburkan, Bupati Pamekasan Beri Edukasi Corona

Pamekasan, sketsindonews – Surat intruksi atau imbauan dari pemerintah pusat soal kegiatan belajar mengajar (KBM) untuk dilangsukan di rumah oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa mendapat respons dari kepala daerah di Jawa Timur. Salah satunya dari Bupati Pamekasan Baddrut Tamam.

Kali ini, Bupati Baddrut tidak langsung seketika meliburkan, ia meminta dua hari KBM di sekolah untuk diisi materi kesehatan yakni edukasi corono dan cara pencegahannya. Dengan demikian, siswa dapat pengetahuan dan menerapkannya ketika belajar di rumah.

“Kalau lembaga pendidikan di daerah, hari ini sudah mulai libur, namun untuk lembaga di Pamekasan, kami mulai libur pada Rabu (18/3),” kata Baddrut saat konferensi pers di Pendopo Ronggo Sukowati, Senin (16/3/20).

Menurut dia, imbauan Presiden Joko Widodo soal pandemi Corona yang ditanggapi Gubernur Khofifah melalui Surat Edaran, sebagian sudah mulai diterapkan lembaga, hari ini pula sudah ada yang diliburkan.

Materi tentang edukasi corono akan jadi penunjang pengetahuan siswa saat libur panjang di rumah. Sehingga siswa tetap waspada dan menjaga diri dengan pola hidup sehat. Selain itu, lembaga sekokah berkesempatan untuk merancang teknis belajar jarak jauh.

“Kita akan diskusikan dengan dinas teknis utamanya Dinas Pendidikan materi apa saja nanti yang akan diampaikan kepada siswa,” paparnya.

Sementara itu, Anggota Komisi IV DPRD Pamekasan Wardarus Syarifah tidak mempersoalkan liburnya sekolah di Kabupaten Pamekasan karena mendapat imbauan atau intruksi pemerintah provinsi atau pusat.

“Tensi masyarakat soal virus corono di publik itu tinggi. Kalau sudah di daerah diintruksikan untuk libur, tidak apa-apa diliburkan. Ini juga menyoal sejenak masalah kerumunan massa,” ujar Politisi Partai NasDem itu.

Wanita panggilan Wardah itu berharap, siswa yang libur sekolah agar memanfaatkan liburnya tersebut dengan kegiatan-kegitan positif. Satu di antaranya dengan menjaga pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bernutrisi dan bervitamin.

“Tidak untuk dibuat asyik, sementara belajar di rumah, ini teknis pelaksanaannya Dinas Pendidikan yang tahu,” paparnya.

Pasalnya, Bupati Pamekasan Baddrut Tamam memberi sembilan imbauan dengan memuat sejumlah perhatian agar virus yang muncul di negara China tersebut tidak dibuat panik, namun tetap waspada dengan menjaga pola kesehatan.

Imbaun tersebut berbentuk Surat Ederan Bupati Pamekasan bernomor 443.32/432.302/2020 berprihal “Peningkatan Kewaspadaanb Covid-19”.

(nru/kuy) 

About the Author /

Pimpinan Perusahaan SketsIndo Juni 2016.