Selamat Datang di IKN Nusantara

oleh
oleh

Tepat saat peringatan Proklamasi kemerdekaan RI yang ke 79 pada 17 Agustus 2024 nanti negara Indonesia akan mencetak sejarah baru. Ibukota negara akan resmi dipindahkan dari Jakarta ke IKN Nusantara di Kalimantan Timur. Ide tersebut sudah sejak lama diwacanakan oleh para pemimpin negara Indonesia sebelumnya namun baru sekarang ini terlaksana pada era pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Alasan yang dikemukakan pemerintah untuk memindahkan ibu kota negara ke IKN Nusantara di Kalimantan Timur yang paling krusial adalah mendorong pemerataan pembangunan ke wilayah Indonesia bagian timur; Mengubah mindset pembangunan dari Jawa Centris menjadi Indonesia Centris.
Alasan yang sangat nasionalis didukung fakta sudah ada beberapa negara yang berhasil memindahkan ibukota negaranya. Malaysia, Brasil, Nigeria, Pakistan, Myanmar, Turki Kazakhstan, Mesir sudah terlebih dahulu melakukannya.

Pertanyaannya kemudian adalah apakah sudah siap tercukupi anggaranya ?

Sejak awal pembangunannya Presiden Joko Widodo menjelaskan bahwa proses pembangunan IKN Nusantara membutuhkan waktu yang tidak singkat, butuh waktu 15-20 tahun untuk selesai sepenuhnya dan diperkirakan menelan biaya sekitar Rp 466 triliun. Biaya pembangunan IKN sesungguhnya masih jauh lebih kecil dibandingkan biaya pembangunan ibukota baru negara Mesir yang mencapai 900 Triliun lebih.

Lalu apa masalahnya ?

Kekhawatiran tentang tercukupinya sumber pembiayaan pembangunan IKN mulai muncul Ketika Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengakui investor asing hingga kini belum masuk ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.