Home / Apa Kata Mereka / Semangat Untuk Sembuh, Sumanta Bangkit Berkat JKN-KIS

Semangat Untuk Sembuh, Sumanta Bangkit Berkat JKN-KIS

Jakarta, sketsindonews – Sebuah cerita ungkapan hati yang sungguh untuk kita telaah dari seorang Sumanta peserta KIS PBI APBN yang ikut program JKN – KIS Kesehatan.

“Sehat itu mahal, begitu juga pengobatannya kalo sudah sakit. Terima kasih BPJS Kesehatan, biaya cuci darah saya jadi nol rupiah dan akses pelayanan menjadi sangat mudah,” kata Sumanta, Kamis (22/11) yang Sudah hampir 6 tahun belakangan ini menderita gagal ginjal.

Penyakit yang dideritanya ini membuatnya harus bolak balik berobat ke rumah sakit.

Pertama kali berobat yaitu pada tahun 2012, Dia (Sumanta) menggunakan uang pribadinya namun semakin lama semakin terasa berat karena biaya pengobatannya tidaklah murah.

“Cukup mahal biaya, kira – kira 1 Juta rupiah yang harus saya keluarkan untuk sekali berobat.” ungkapnya.

Karena hidupnya yang pas-pasan ditambah lagi dengan biaya pengobatan yang semakin mahal, Sumanta memutuskan untuk berhenti berobat selama beberapa bulan.

Keadaannya pun semakin hari mengalami penurunan sehingga membuatnya harus keluar dari tempatnya bekerja.

Beruntunglah dirinya, karena pada tahun 2015 Sumanta mendapatkan Kartu Indonesia Sehat PBI APBN yang di bagikan oleh pemerintah.

Diawal memang Sumanta sempat bingung apa sebenarnya fungsi dari kartu ini. Namun setelah mendapatkan penjelasan dari tetangga dan ketua RT di lingkungannya, ia mengetahui apa fungsi dari kartu JKN – KIS tersebut.

“Saya dulu tidak tahu apa gunanya kartu ini, setelah dapat penjelasannya saya buktikan untuk berobat di puskesmas, Alhamdulillah benar apa yang dijelaskan orang – orang di lingkungan sini. Saya berobat jadi gratis.” ungkapnya.

Kini Sumanta telah menggantungkan pengobatannya di rumah sakit menggunakan Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN – KIS). Dengan melakukan cuci darah dua kali seminggu membuat keadaannya semakin hari kian membaik.

Pria yang hanya tinggal berdua dengan istrinya ini sangat menyadari bahwa sehat itu sangat berharga. Kini dengan pelayanan kesahatan yang ia dapatkan melalui program JKN-KIS menyadarkannya bahwa pemerintah sangat peduli terhadap kesejahteraan rakyatnya.

Sumanta pun berharap agar program ini tetap terus berjalan, tetap meningkatkan dan mengutamakan kualitas pelayanan bagi peserta.

Semoga dengan semangat gotong royong dalam program JKN – KIS dapat menyatukan seluruh masyarakat Indonesia.

rep : nanorame

Check Also

PJLP RPTRA Terpaksa Nganggur, 4 Lelang RPTRA Belum Jelas

Jakarta, sketsindonews – Penyedia Jasa Lainnya Orang Peroarangan (PJLP) yang direkrut Sudin Perumahan Jakarta Pusat …

Watch Dragon ball super