Home / Profile / SMK Penerbangan AAG Adisutjipto : Menjadikan SMK Unggulan dengan siswa yang bertaqwa, profesional, dan mandiri.

SMK Penerbangan AAG Adisutjipto : Menjadikan SMK Unggulan dengan siswa yang bertaqwa, profesional, dan mandiri.

Yogyakarta, sketsindonews – SMK Penerbangan Angkasa Ardya Garini (AGG) Adisutjipto Yogyakarta semula bernama STM Penerbangan Putra Indonesia Yogyakarta didirikan oleh Yayasan Pendidikan Putra Indonesia dengan Surat Keputusan (SK) No. 016/JP/PI/1969 pada tanggal 5 Januari 1969, dicetuskan oleh Alm. Bapak Danoeri Danu Sumarto. Pertama kali sekolah dibuka pada tanggal 2 Januari 1969 dan menempati Gedung SMP BOPKRI I di jalan Mas Suharto No. 20 Lempuyangan.  Kegiatan belajar mengajar waktu itu dilakukan siang hari.

Pada tahun 1975, STM Penerbangan Putra Indonesia Yogyakarta direlokasi ke daerah Jatimulyo menempati Gedung SD Tegalrejo III di Kelurahan Kricak guna mendapatkan tempat yang memadai untuk sarana belajar mengajar. Pada tahun 1986 STM Penerbangan Putra Indonesia Yogyakarta berganti nama lagi menjadi STM Penerbangan Yogyakarta.

Pada tahun 1996 pengelolaan STM Penerbangan Yogyakarta oleh Yayasan Putra Indonesia dialihkan kepada Yayasan Ardhya Garini dibawah naungan TNI Angkatan Udara berdasarkan MOU dengan akte notaris No. 5832/G/II/1997 tanggal 3 Februari 1997. Sejak dikeluarkannya akte notaris tersebut, sekolah pindah di gedug SMP Angkasa Adisutjipto selama belum mempunyai gedung sendiri.

Kepindahan pengelolaan tersebut berawal dari pertemuan Alumni SMK Penerbangan I Putra Indonesia pada tanggal 2 Februari 1995. Pada pertemuan itu diadakan kesepakatan untuk menghadap Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Nuringtyas.

Hasil pertemuan mendapatkan tanggapan positif dari Danlanud. Setelah pergantian Danlanud yang baru, Marsma TNI Lambert F. Silloy ditindaklanjuti dengan

  1. Serah terima Yayasan Putra Indonesia denga Yasarini dengan MOU,
  2. Penyerahan tanah seluas 10.500 m2 di Komplek Lanud Adisutjipto dengan surat perjanjian bersama no. Sperjan/246/VIII/1997,
  3. Penyerahan hangar untuk praktek siswa di Komplek Lanud Adisutjipto dari Komandan Lanud Adisutjipto berdasarkan surat no B/744/VIII/1997, 4. Pembangunan Gedung Perpustakaan yang dimulai tanggal 12 September 1997.

Pada tahun 2000 nama STM Penerbangan diganti menjadi SMK Penerbangan AAG Adisutjipto Yogyakarta. SMK Penerbangan AAG Adisutjipto adalah satu-satunya SMK Penerbangan di Yogyakarta.

Nama-nama Kepala Sekolah SMK Penerbangan AAG Adisutjipto Yogyakarta sebagai berikut : Danoeri, B.Sc. (1969-1973), Ir. Poerwantoro. (1974-1987), Wahyu Suharso, B.E,(1988-1989), Ir. Darminto Danu, M.Sc.(1998-2001), Ir. Suryanto.(2001-2003) Ir. Margono, M.S.i.(2003-2011) , Dr. Yulianto Hadi, M.M (2011-2016) dan saat ini dijabat oleh Taufik Yulianto Aminjoyo, S.T (2016-sekarang).

Letkol Tek Taufik Yulianto, S.T, Kepala Sekolah SMK Penerbangan AAG Adisutjipto (2016-sekarang)

SMK Penerbangan Adisutjipto yang beralamat Lanud Adisutjipto.Jl.Janti Depok, Maguwoharjo, Depok,  Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta ini berdiri diatas 29.613 m2. SMK Penerbangan AAG Adisutjipto, SMK dengan nomor NSS 324046005015 dan nomor NPSN  20401311

Tujuan didirikannya SMK Penerbangan Adisutjipto ini adalah:

  1. Meningkatkan mutu, akses, efektivitas pengelolaan institusi sebagai SMK Rujukan.
  2. Memberikan informasi tentang pemahaman prinsip dasar, sasaran utama serta tahapan penyusunan SDP SMK Rujukan tahun 2015-2019 kepada peserta, penjab. kegiatan dan tim lain yang relevan dalam penyusunan SDP SMK Rujukan.
  3. Terdapat kesamaan persepsi antara tim penyusun SDP dengan seluruh perangkat kerja tentang indikator-indikator serta metodologi untuk mengukur keberhasilan pencapaian sasaran program secara bertahap selama 5 tahun.

Seperti Organisasi yang lainnya SMK Penerbangan AAG Adisutjipto memiliki Visi dan Misi. Visi dan Misi dari SMK Penerbangan Adisutjipto ini adalah sebagai berikut :

Visi:  

Menjadikan SMK Unggulan dengan siswa yang bertaqwa, profesional, dan mandiri.

Misi:

  1. Menumbuhkan Penghayatan dan Pengamalan Agama sesuai dengan nilai- nilai   Pancasila.
  2. Melaksanakan pendidikan yang berstandar Internasional.
  3. Mengembangkan pembinaan fisik, psikis, sikap dan kepribadian.
  4. Mengembangkan jaringan kerjasama dengan dunia usaha dan dunia industri serta pihak lain yang terkait.
  5. Mengembangkan sarana dan prasarana sekolah sesuai SNP.
  6. Mengembangkan SMK Rujukan

Status SMK Penerbangan Adisutjipto:

SMK Penerbangan AAG Adisutjipto saat ini berstatus: “Terakreditasi ”A”

SMK Penerbangan Adisutjipto Yogyakarta merupakan sekolah swasta sampai saat ini masih konsisten berkonsentrasi pada 4 Program Keahlian, yaitu  :

  1. Airframe and Powerplant dan
  2. Avionic Electronic Instrumentation  Maintenance and Repair.
  3. Kelistrikan Pesawat Udara,
  4. Teknik Kendaraan Ringan.

Kepala sekolah SMK Penerbangan AAG  Adisutjipto Letkol Tek Taufik Yulianto MT, yang juga menjabat sebagai Komandan Skatek 043 menyampaikan bahwa jumlah siswa SMK Penerbangan AAG periode 2016/2017 saat ini ada 1042 siswa, untuk Kelas X terdiri dari 13 Kelas berjumlah 472 siswa, jadi untuk rata-rata tiap kelas berjumlah 37 Siswa. Sementara Kelas XI  terdiri dari 10 Kelas, jumlah siswa 354 siswa, untuk Kelas XII  jumlah siswa 216 terdiri dari 6 Kelas.

Lebih Lanjut Kepala Sekolah menambahkan bahwa SMK Penerbangan Adisutjipto sampai saat ini sudah memiliki fasilitas, sarana dan prasarana yang cukup baik, yang terdiri dari Ruang Kepala Sekolah, Ruang WKS, Ruang Guru, Ruang TU, Ruang Teori/Kelas, Ruang Ibadah, Laboratorium Komputer, Lab Bahasa, Ruang Perpustakaan, Ruang UKS, Ruang Bengkel Praktek, Ruang Osis, Ruang Kesenian, Kamar mandi Guru dan Siswa, Gudang dan Kantin.

Menurutnya, SMK Penerbangan Adisutjipto berkembang pesat. berkat kerjasama dari pihak sekolah dan Yasarini. Setiap tahun fasilitas sekolah terus dilengkapi agar anak didik kami semangat dalam belajar dan memiliki kreativitas, papar Kepala Sekolah.

Fasilitas lapangan basket untuk mendukung kegiatan olah raga dan ekstra kulikuler.

SMK Penerbangan AAG Adisutjipto mempunyai beberapa kegiatan ekstra kulikuler  di luar sekolah diantaranya adalah Pleton Inti (TONTI), Pramuka, Olahraga, Seni, Akadenik dan PMR.

Tidak hanya pelajaran tekhnik saja, SMK Penerbangan AAG juga membekali para siswa dengan kegiatan seni dan budaya.

Dalam hal ini, SMK Penerbangan AAG Adisutjipto telah banyak menorehkan prestasi yang membanggakan diantaranya : Juara 1 Barata 2015 tingkat SMK, Juara 2 LBB PPI Putra/Putri 2016 tingkat Kabupaten Sleman, Juara 1 Putra LBB Prayata Teladan 2016 tingkat Propinsi, Juara 1 Adzan 2016, Juara 1 Karawitan 2016 tingkat propinsi, Juara 2 Tartil MTQ.dan masih banyak prestasi yang lainnya.

Club aeromodelling SMK Penerbangan AAG Adisutjipto Yogyakarta tidak pernah absen mengikuti ajang lomba. Pada tgl 17-19 Maret 2017 mengikuti Liga Free Flight  Lanud Gading Wonosari dengan Tuan Rumah  UMY Dlm kesempatan ini siswa DIAS ANDREAN TRI NURCAHYO dan ANUNG ENDRA RADITYA dari kelas XI AFP 1 memperoleh peringkat 10

Beberapa hari yang lalu tepatnya tanggal 14 Maret 2017 dilaksanakan Kegiatan Visitasi oleh Dinas DIKPORA provinsi DIY dalam  rangka pembukaan Program keahlian baru. Yaitu Aircraft Machining di SMK Penerbangan AAG Adisutjipto

Kegiatan yang menjadi agenda tahunan SMK Penerbangan AAG kali ini adalah kegiatan Try out CBT yang dilaksanakan secara meriah pada hari Minggu,tanggal 12 Februari 2017 pukul 07.30 WIB. Terdaftar sekitar 100 peserta siswa/i SMP yang mengikuti kegiatan TRY OUT CBT, dan 101 pendonor yang bersedia melakukan donor darah. Kegiatan tersebut turut dihadiri pula oleh masyarakat sekitar,alumni,dan beberapa Anggota TNI AU. Kegiatan ini juga di isi oleh bermacam-macam demo ekstra kurikuler yang ada di SMK Penerbangan AAG.

Alumni:

Sampai saat ini, para alumni SMK Penerbangan AAG sudah tersebar ke berbagai daerah. Dari data alumni disebutkan bahwa 50% bekerja di sektor swasta dan pemerintah, TNI, Polri. 12% melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri, 30% ke Perguruan Tinggi Swasta dan 8% berwiraswasta atau usaha sendiri.

Para alumni SMK Penerbangan yang bekerja di sektor pemerintahan/TNI-Polri

Alumni yang memasuki perguruan Tinggi seperti: UGM, UNY, Stand malang, Politehnik Malang, dan Akademi Kebidanan Yogyakarta.

Selain itu ada juga yang masuk dalam Industri Penerbangan STPI hingga menjadi Pilot di Departemen Perhubungan, Pilot Penerbangan swasta seperti City link, Garuda, lion. Ada juga yang bekerja menjadi pramugari di beberapa perusahanaan penerbangan.

Check Also

Calon Instruktur Penerbang Laksanakan Latihan Tebang Malam

Yogyakarta, sketsindonews – Komandan Pangkalan Udara Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Ir. Tedi Rizalihadi, S,. M.M. Rabu (19/9), …

Watch Dragon ball super